Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Komoditas Unggulan Indonesia

Kompas.com - 22/02/2021, 15:00 WIB
Silmi Nurul Utami,
Nibras Nada Nailufar

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Indonesia adalah negara yang kaya akan hasil alamnya. Sehingga disebutkan dalam suatu lagu bahwa tongkat kayu pun jadi tanaman.

Di sini tongkat tersebut adalah tanaman singkong. Hasil kekayaan alam Indonesia diperdagangkan hingga ke seluruh dunia guna memenuhi kebutuhan manusia.

Pada materi kali ini kita akan membahan komoditas unggulan Inonesia apa saja yang memberikan kontribusi bagi pasar dunia.

Sebelumnya, apakah yang dimaksud dengan komoditas? Dilansir dari Investopedia, komoditas adalah bahan mentah untuk produksi yang diperjualbelikan dan dapat disimpan dalam jangka waktu tertentu.

Sehingga komoditas unggulan adalah barang dagang paling besar yang diperjualbelikan. Dilansir dari Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia, komoditas unggulan Indonesia adalah udang, kopi, minyak kelapa sawit, kakao, karet, TPT, alas kaki, elektronika, otomotif, dan furniture.

  • Udang

Indonesia merupakan negara maritime dengan laut yang luas. Sehingga tidak aneh jika hasil laut seperti udang merupakan komoditas unggulan yang diekspor hampir ke seluruh Asia, Australia, Amerika, dan Eropa. Dilansir dari Statista, pada tahun 2019 saja Indonesia mengekspor 207,7 ribu metrik ton udang.

Baca juga: Ekspor: Pengertian dan Manfaatnya

  • Kopi

Inonesia dengan iklim tropis yang sangat cocok untuk budidaya kopi, menjadikannya salah satu dari lima negara terbesar penghasil kopi di dunia. Kopi yang diekspor ke seluruh dunia berupa kopi robusta, arabika, dan kopi luwak.

  • Minyak Kelapa Sawit

Minyak kelapa sawit merupakan komoditas unggulan penghasil devisa terbesar Indonesia dengan tujuan ekspor ke China, Singapur, India, Jerman, Spanyol, Amerika, Jerman dan beberapa negara lainnya. Dilansir dari Statista, pada tahun 2018 Indonesia mengekspor 29,3 juta ton minyak kelapa sawit, menjadikannya produsen minyak kelapa sawit terbesar di dunia.

  • Kakao

Kakao merupakan komoditas unggulan penghasil devisa ketiga terbesar di Indonesia. Kakao adalah buah dari pohon kakao yang merupakan bahan baku pembuatan coklat. Indonesia mengekspor kakao ke banyak negara seperti Amerika, Kanada, Jerman, Swiss, Rusia, Singapura, Jepang, dan China.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com