Kompas.com - 21/02/2021, 16:03 WIB
Ilustrasi harimau StockFreeImagesIlustrasi harimau

KOMPAS.com - Harimau adalah hewan buas pemakan daging yang berukuran besar, memiliki cakar tajam, gigi taring yang kuat, bulu belang berwarna oranye, serta ekor yang panjang.

Harimau memakan daging dengan cara memangsa hewan lain untuk dapat bertahan hidup. Namun tahukah kamu mengapa harimau memakan daging yang masih mentah?

Jawaban lucunya mungkin karena harimau tidak bisa memasak. Tidak seperti manusia yang memiliki kecerdasan tinggi yang bisa mencari cara untuk memasak, harimau memiliki kecerdasan yang lebih rendah.

Dilansir dari Smithsonian's National Zoo & Conservation Biology Institute, harimau cukup pintar untuk berkomunikasi dengan sejenisnya, menandai teritorinya, menyusun strategi berburu, dan kecerdasan ekologi yang tinggi.

Namun harimau tetap kurang pintar untuk dapat memasak makanannya sehingga memakan langsung mangsanya secara mentah.

Baca juga: 5 Kucing Lucu yang Mirip Harimau dan Macan Tutul

Alasan lainnya adalah karena harimau merupakakan karnivora (hewan pemakan daging). Harimau adalah karnivora dari keluarga Felidae yang berisi kucing, singa, harimau, puma, cheetah, macan, lynx, dan jaguar.

Harimau adalah pemburu dengan tubuh terbesar di keluarga Felidae dengan kemampuan berenang yang menakjubkan.

Harimau berburu dengan cara memperhatikan mangsanya dari jauh secara sembunyi-sembunyi. Kemudian setelah siap ia akan menerkam mangsanya, menjatuhkannya ke tanah dan mematahkan atau menggigit lehernya hingga mati.

Harimau kemudian akan memakan mangsanya selagi masih baru, hal ini untuk menghindari bakteri pembusukan yang muncul jika daging mentah tidak langsung dimakan. Harimau bisa memakan daging mentah tanpa sakit perut ataupun mengalami salmonella.

Dilansir dari AnimalHow, hewan karnivora memiliki asam yang lebih banyak dan lebih kuat dalam perutnya. Asam ini dapat mencerna daging mentah dan membunuh bakteri di dalamnya sehingga hewan menjadi tidak sakit.

Terlebih lagi harimau memiliki sistem kekebalan tubuh yang tinggi juga indra penciuman yang tajam.

Sistem kekebalan tubuh menjaga harimau tidak sakit walau memakan daging mentah yang mengandung bakteri. Penciuman yang tajam juga menghindarkan harimau memakan makanan yang beracun atau berbahaya.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X