Kompas.com - 20/02/2021, 15:00 WIB
Manoholo (pengawas adat) asal Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT) dikukuhkan oleh Bupati setempat untuk mengawasi pesisir dan laut mereka yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Perairan (TNP) Laut Sawu Kompas.com/Sigiranus Marutho BereManoholo (pengawas adat) asal Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT) dikukuhkan oleh Bupati setempat untuk mengawasi pesisir dan laut mereka yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Perairan (TNP) Laut Sawu
Penulis Ari Welianto
|

KOMPAS.com - Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terlatak di sebelah tenggara Indonesia.

NTT dengan ibu kotanya Kupang memiliki keragaman budaya, salah satunya adalah pakaian adat.

Di NTT terdapat beberapa suku. Di mana masing-masing suku memiliki kekhasan dan keunikan pakian adat.

Salah satu suku yang mendiami NTT adalah suku Rote. Pakaian adat suku Rote memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri.

Tahukah kamu keunikan pakaian adat suku Rote?

Baca juga: Baju Cele, Pakaian Tradisional Maluku

Dikutip dari buku Pakaian Tradisional Asean (1991), pakaian adat Rote terdiri dari sarung dengan bahan katun berwarna dasar hitam dan bermotif bunga serta geometris.

kemudian selendang berwarna dasar coklat dengan motif bunga. Pada ujung pinggirnya terdapat rumbai-rumbai

Ada juga ikat pinggang dari perak atau emas.

Dilansir dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), pakaian adat laki-laki Rote di Kupang dicirikan dengan pemakaian sarung, selimut dan topi.

Ciri lain yang membedakan dengan suku lain adalah motif tenun ikat yang dipakai.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X