Kompas.com - 19/02/2021, 21:00 WIB
pakaian daerah maluku kebudayaan.kemdikbud.go.idpakaian daerah maluku
Penulis Ari Welianto
|

KOMPAS.com - Baju Cele merupakan salah satu pakaian tradisional khas yang berasal dari Ambon, Maluku.

Baju Cele banyak didominasi dengan warna merah dan putih. Motif yang menjadi khas adalah garis-garis geometris dan dipergunaan pada saat upacara adat.

Dikutip dari buku Kamus Mode Indonesia (2013) karya Irma Hadisurya, Ninuk, Baju Cele merupakan busana tradisional perempuan di Maluku.

Baju Cele semacam baju kurung yang panjangnya hingga ke pertengahan pinggul.

Keunikan baju Cele

Dilansir dari situs Pemerintah Kota Ambon, baju Cele bermotif garis-garis geometris atau berkotak-kotak kecil.

Baca juga: Koteka dan Rok Rumbai, Pakaian Adat Papua

 

Biasanya baju Cele dikombinasikan dengan kain sarung yang warnanya tidak terlalu jauh berbeda, di mana harus seimbang dan serasi.

Baju Celan dipakai dalam upacara-upacara adat, seperti pelantikan raja, acara cuci negeri, acara pesta negeri, atau acara panas pela.

Di mana dikombinasikan dengan kain yang pelekat yang disalele yaitu disarung dari luar dilapisi hingga batas lutut dan dipakai lenso (sapu tangan yang diletakan di pundak).

Untuk proses pembuatan baju adat tersebut memakai tehnik menjahit. Di mana pada bagian leher baju berbentuk huruf V, lengannya bisa panjang.

Ketika ada seorang gadis yang mengenakan pakaian tersebut, maka akan disebut sebagai nona baju cele kaeng atau nona kain salele.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X