Kompas.com - 23/12/2020, 16:59 WIB
Jenis makna kata Jenis makna kata

KOMPAS.com - Dilansir dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, makna diartikan sebagai arti atau pengertian yang diberikan kepada suatu bentuk kebahasaan.

Sementara menurut Yendra dalam Mengenal Ilmu Bahasa (2018), makna adalah hasil hubungan antara bahasa dengan dunia luar, penentuan hubungan terjadi karena kesepakatan para pemakai, serta perwujudan makna itu dapat digunakan untuk menyampaikan informasi sehingga dapat saling dimengerti.

Ahli bahasa mengklasifikasikan jenis-jenis makna dengan berbagai teori dan sudut pandang. Ada yang menggolongkannya ke dalam tiga jenis, ada yang sampai menjadi 29 jenis makna kata. Namun dari beberapa jenis makna tersebut memiliki kesamaan dan dasar yang sama.

Makna dibedakan menjadi dua, yaitu makna linguistik dan makna sosial. Makna sosial bersifat kontekstual.

Pembahasannya dapat meluas pada latar belakang budaya, adat, atau kultur dalam pemakaian bahasa. Sedangkan makna linguistik adalah makna yang biasa kita temukan dalam pelajaran bahasa Indonesia.

Makna linguistik dibagi menjadi dua jenis, yaitu makna leksikal dan makna gramatikal. Berikut penjelasan singkat mengenai jenis makna kata dan contohnya.

Baca juga: Perbedaan Sinonim dan Antonim

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Makna Leksikal

Makna leksikal disebut juga makna yang terdapat dalam kamus. Makna leksikal ialah makna lambang kebahasaan yang bersifat dasar.

Makna jenis ini merujuk pada arti sebenarnya dari suatu bentuk kebahasaan, yang dapat berdiri sendiri tanpa melihat konteks.

Prosedur pemaknaan atau komponen makna leksikal adalah sebagai berikut:

  1. Penamaan (naming) atau penyebutan (labeling): menggunakan lambang yang berwujud satu kata berdasrkan pengalaman dan pengetahuan seseorang.
  2. Parafrasa: menganalisis komponen makna lebih terperinci dengan melihat deskripsinya.
  3. Mendefinisikan (definition): pengembangan dari parafrasa untuk menjelaskan makna agar lebih rinci.
  4. Mengklasifikasikan (classified): menhubungkan dengan kelas kata. Kelas tersebut dapat berupa cirinya.

Para ahli bahasa meyakini bahwa makna kata tidaklah tunggal. Satu simbol dapat mewakili lebih dari satu bahkan memiliki padanan kata yang sangat beragam. Maka, makna leksikal dibagi menjadi lima jenis, yaitu:

  • Sinonim

Sinonim disebut juga persamaan kata. Kata yang secara leksikon (yang tertera dalam kamus) berbeda tetapi memiliki kedekatan atau persamaan makna. Contohnya:
Laki-laki – pria – cowok – jantan – jaka
Perempuan – wanita – gadis – betina – dara
Rendah – pendek – bawah
Tinggi – jangkung – atas – luhur

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.