Cara Reproduksi pada Tumbuhan Gymnospermae (Biji Terbuka)

Kompas.com - 31/12/2020, 00:55 WIB
Biji pinus merupakan contoh dari sifat biji terbuka. dosenpendidikanBiji pinus merupakan contoh dari sifat biji terbuka.

KOMPAS.com - Sebuah bakal buah adalah tempat berlindungnya sebuah biji. Namun untuk tumbuhan gymnospermae tidak memiliki hal tersebut. Bagaimanakah cara reproduksi tumbuhan gymospermae? Mari simak pembahasan nya berikut.

Soal dan Pembahasan

Bagaimana cara reproduksi pada tumbuhan gymnospermae?

Jawaban:

Sama seperti angiospermae, gymnospermae juga melakukan reproduksi aseksual dan seksual secara berkesinambungan untuk dapat bereproduksi.

Fase Aseksual

KOMPAS.com/SILMI NURUL UTAMI Sporofit pada tumbuhan Gymnospermae

Reproduksi gymnospermae dimulai dengan fase aseksual yaitu pembentukan sporofit bersifat diploid yang mengandung dua set kromosom lengkap.

Sporofit gymnospermae terdiri dari 2 jenis, yaitu sporofit betina yang berukuran besar juga bulat dan sporofit jantan yang lebih kecil dan menempel pada sporofit betina.

Baca juga: Gametogenesis pada Tumbuhan Biji Terbuka (Angiospermae)

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X