Punctuation: Pengertian dan Contoh

Kompas.com - 11/10/2020, 14:00 WIB
Ilustrasi tentang pengertian punctuation, fungsi, jenis dan contohnya. KOMPAS.COM/ARUM SUTRISNI PUTRIIlustrasi tentang pengertian punctuation, fungsi, jenis dan contohnya.

 

KOMPAS.com Punctuation adalah istilah bahasa Inggris yang artinya tanda baca dalam bahasa Indonesia. Ada berbagai jenis punctuation yang biasa digunakan dalam menuliskan teks bahasa Inggris. Berikut ini penjelasannya:

Pengertian punctuation

Dilansir dari Encyclopædia Britannica, punctuation is the use of spacing, conventional signs, and certain typographical devices as aids to the understanding and correct reading, both silently and aloud, of handwritten and printed texts.

Punctuation adalah penggunaan spasi, tanda-tanda konvesional, dan perangkat tipografi tertentu sebagai alat bantu untuk memahami dan membaca dengan benar, baik dengan diam atau keras, pada tulisan tangan dan cetak.

Punctuation dalam bahasa Indonesia disebut tanda baca. Ketika membaca suatu teks, biasanya kita akan menemukan berbagai macam tanda baca yang fungsinya beragam.

Baca juga: 4 Jenis Kalimat dalam Bahasa Inggris

Jenis punctuation dan contohnya

Merangkum dari Lexico, macam-macam punctuation dan fungsinya adalah:

  • Full stop (titik)

Tanda titik (.) digunakan untuk mengakhiri kalimat yang berupa informasi. Contoh: He is writing a story now. / Dia sedang menulis sebuah cerita sekarang.

  • Comma (koma)

Tanda koma (,) digunakan untuk memisah kalimat agar tidak terlalu panjang dan jelas inti kalimatnya. Contoh:

  1. Hana’s sister, Arini, won the swimming competition. / Adiknya Hana, Arini, memenangi lomba renang.
  2. We went to the zoo, cinema, and restaurant. / Kita pergi ke kebun binatang, bioskop, dan restoran.

Baca juga: If Clause + A General Truth: Pengertian dan Contohnya

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X