Gerak Spesifik Gaya Dada

Kompas.com - 09/10/2020, 15:45 WIB
Perenang Indonesia Adrianida Saleh memacu kecepatan saat bertanding cabang olahraga Modern Pentathlon Asian Games ke-18 Tahun 2018 di SMA Adria Pratama Mulya, Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Banten, Jumat (31/8/2018). Adrianida berada pada posisi 10 dengan catatan waktu 2 menit dan 21.39 detik. KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELIPerenang Indonesia Adrianida Saleh memacu kecepatan saat bertanding cabang olahraga Modern Pentathlon Asian Games ke-18 Tahun 2018 di SMA Adria Pratama Mulya, Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Banten, Jumat (31/8/2018). Adrianida berada pada posisi 10 dengan catatan waktu 2 menit dan 21.39 detik.

KOMPAS.com - Olahraga renang tidak terlalu sulit untuk dilakukan, asalkan bisa menguasai teknik atau gaya berenang yang baik dan benar.

Salah satu teknik atau gaya renang yang cukup mudah untuk dipelajari adalah gaya dada atau yang lebih dikenal sebagai gaya katak (breaststroke).

Posisi kaki ketika berenang dalam gaya dada ini mirip seperti katak. Hal ini merupakan salah satu alasan mengapa gaya dada juga sering disebut sebagai gaya katak.

Gerak Spesifik Gaya Dada

Dalam renang gaya dada juga memilik gerak spesifik yang harus dipahami dan diperhatikan sebelum mempelajari gaya tersebut. 

Baca juga: Gerak Spesifik Gaya Punggung

Posisi tubuh, seperti kepala, tangan dan kaki menghadap ke air.

Sama seperti gaya renang lainnya, gaya dada juga mengandalkan kekuatan tangan serta kaki untuk mendorong tubuhnya di air.

Berikut merupakan penjelasan dari gerak spesifik gaya punggung, yang dikutip dari Swimming.org serta Openfit.com:

  • Posisi tubuh harus sejajar dengan bagian wajah menghadap ke air.
  • Bagian telapak tangan harus mengarah ke air dan letakkan kedua tangan menyatu di depan dada. Posisi jari mengarah ke air dan bukan ke tubuh.
  • Gerakkan lengan serta luruskan ke depan tubuh.
  • Putar sedikit bagian telapak tangan ke arah luar (posisi ibu jari sedikit mengarah ke bawah).
  • Jaga agar posisi lengan tetap lurus di depan tubuh, lalu perlahan geser ke samping hingga posisi tangan dan tubuh membentuk huruf Y.
  • Saat akan mulai berenang, tekuk kedua siku yang berada di depan tubuh dan gerakkan dua tangan ke belakang. Setelah itu tangan direntangkan kembali.
  • Posisi kaki lurus serta menyatu. Tekuk kedua lutut sehingga posisinya mengarah ke samping.
  • Rentangkan dan pisahkan kedua kaki sehingga membentuk huruf V, setelah itu rapatkan kembali kedua kaki agar kembali ke posisi semula.

Baca juga: Peraturan Perlombaan Renang Berdasarkan Jenis Gaya

Sistem pernapasan dalam gaya dada atau katak, dilakukan dengan mengangkat kepala agar muncul ke permukaan air. 

Ilustrasi renang gaya dadakemdikbud Ilustrasi renang gaya dada

Hal ini dilakukan bersamaan dengan menekuk kedua siku tangan yang berada di depan tubuh ke arah belakang.

Pada saat yang bersamaan gerakan tangan dan kaki yang ditekuk lalu direntangkan akan mendorong tubuh ke depan. Sehingga perenang bagian kepala bisa diangkat ke permukaan air untuk bernapas.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X