Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia

Kompas.com - 08/10/2020, 12:01 WIB
Cahya Dicky Pratama,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.comPersebaran flora dan fauna dan keragamannya terbagi dalam tiga wilayah besar. Ilmuan yang membagi tiga wilayah persebaran flora dan fauna Indonesia adalah Wallace dan Weber.

Dalam artikel jurnal Keanekaragaman Hayati Flora di Indonesia (2015) karya Cecep Kusmana dan Agus Hikmat, dijelaskan bahwa secara geologis persebaran flora dibagi ke dalam tiga wilayah, yaitu:

  • Flora Dataran Sunda

Wilayah ini meliputi Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Bali. Flora-flora di pulau ini mendapat pengaruh flora Asia karena ciri-cirinya mirip dengan flora-flora di Benua Asia (Flora Asiatis).

Wilayah ini didominasi jenis tumbuhan berhabitus pohon dari suku Dipterocarpaceae.

Baca juga: Faktor Persebaran Flora dan Fauna di Permukaan Bumi

  • Flora Dataran Sahul

Wilayah ini meliputi Papua dan pulau-pulau di sekitarnya. Flora di pulau ini mendapat pengaruh dari flora Benua Australia (Flora Australis).

Wilayah ini didominasi jenis tumbuhan berhabitus pohon dari suku Araucariaceae dan Myrtaceae.

  • Flora Daerah Peralihan (Daerah Wallace)

Wilayah ini meliputi Sulawesi, Maluku, dan Nusa Tenggara. Flora di pulau ini mendapat pengaruh dari flora Benua Asia dan Australia.

Wilayah ini didominasi jenis tumbuhan berhabitus pohon dari suku Araucariaceae, Myrtaceae, dan Verbenaceae.

Baca juga: Pengertian Biosfer dalam Studi Geografi

Tangkapan layar peta bawah laut untuk belajar Flora dan Fauna lewat Google Google Tangkapan layar peta bawah laut untuk belajar Flora dan Fauna lewat Google
Persebaran fauna

Sama seperti flora, persebaran fauna di Indonesia juga terbagi ke dalam tiga wilayah. Dalam buku Biogeografi (2018) karya Muhammad Zid dan Ode Sofyan Hardi, disebutkan terdapat tiga wilayah, dengan persebaran sebagai berikut:

  • Fauna Indonesia Barat

Wilayah ini meliputi Sumatera, Jawa, Kalimantan. Fauna di wilayah ini dipengaruhi oleh fauna dari Benua Asia atau disebut dengan Fauna Asiatis.

Ciri fauna di wilayah ini adalah memiliki tubuh yang besar. Misalnya gajah, harimau, badak, beruang.

  • Fauna Indonesia Tengah

Wilayah ini meliputi Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku. Fauna di wilayah ini sering disebut sebagai fauna peralihan. Contohnya adalah anoa, komodo, rusa, burung kakak tua.

Baca juga: Flora dan Fauna Asia Tenggara

  • Fauna Indonesia Timur

Wilayah ini meliputi Papua dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Fauna di wilayah ini dipengaruhi oleh fauna dari Benua Australia atau disebut dengan Fauna Australis. Misalnya cendrawasih, kasuari, kanguru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com