Kompas.com - 07/10/2020, 17:01 WIB

KOMPAS.com - Perlawanan bangsa lokal melawan VOC sangat gempar terjadi di masa lampau. Salah satu yang paling terkenal adalah Sultan Agung melawan Jan Pieteszoon Coen.

Tujuan Sultan Agung menyerang Batavia yang dikuasai VOC adalah agar dapat menakhlukan dan mengancurkan kota tersebut.

Menurut Siti Ma’rifah dalam Perlawanan Sultan Agung Terhadap VOC 1628-1629 (2014), setidaknya ada beberapa hal yang membuat Sultan Agung berani melawan VOC yang dipimpin oleh Jan Pieterszoon Coen beberapa di antaranya adalah:

Baca juga: Perlawanan Kolonialisme dan Imperialisme: Maluku Angkat Senjata

  • Kehadiran kompeni di Batavia membahayakan Kerajaan Mataram.
  • Ditolaknya permintaan Sultan Agung untuk meminjam bantuan. Angkatan Laut VOC untuk menyerang Surabaya, Banten dan Banjarmasin.
  • Batavia dianggap sebagai kota yang merugikan kerajaannya.
  • Hubungan Kerajaan Mataram dengan Malaka dipersulit oleh Batavia. Salah satu cara yang dilakukan adalah menghancurkan kota tersebut.

Penyerangan

Penyerangan Sultan Agung atas VOC yang dipimpin oleh Jan Pieterszoon Coen terbagi menjadi 2 penyerangan yakni pada tahun 1628 dan 1629.

Penyerangan pada tahun 1628 dianggap gagal karena awalnya pasukan Mataram berhasil menyerang benteng namun tidak mau mendekati Batavia karena banyaknya korban yang tewas.

Baca juga: Perlawanan Aceh Terhadap Portugis dan VOC

Di samping itu, fokus tentara Mataram hanya pada benteng Hollandia dan untuk menuntaskan pengepungan, Belanda mengerahkan 300 serdadu dan 100 orang sipil untuk membakar dan merusak seluruh pos terdepan Mataram.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.