Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Laut Indonesia Menjadi Tempat Spesial sebagai Habitat Terumbu Karang? Jawaban Soal 7 Agustus SMP

Kompas.com - 07/08/2020, 07:45 WIB
Ari Welianto

Penulis

KOMPAS.com - Program Belajar dari Rumah yang tayang di TVRI pada Jumat, 7 Agustus 2020 membahas materi tentang Optimisme Bumi: Samudra untuk SMP.

Ada tiga pertanyaan dalam pembahasan materi tersebut. Berikut adalah pembahasan pertanyaan kedua.

Soal: Mengapa laut Indonesia menjadi tempat yang spesial sebagai habitat terumbu karang?

Jawaban: Di Indonesia memiliki terumbu karang paling beragam di dunia.

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar dunia yang terdiri dari ribuan pulau besar dan kecil, dengan panjang garis pantai mencapai hampir 81.000 kilometer yang dilindungi oleh ekosistem terumbu karang.

Baca juga: Dituding Merusak Terumbu Karang, Apa Itu Cantrang?

Indonesia yang terletak di sepanjang katulistiwa, mempunyai terumbu karang terluas di dunia tersebar mulai dari Aceh sampai Irian Jaya.

Dengan jumlah penduduk 200 juta jiwa, yang 60 persennya tinggal di daerah pesisir, maka terumbu karang merupakan tumpuan sumber penghudupan utama.

Dikutip situs Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Indonesia merupakan salah satu negara terpenting di dunia sebagai penyimpan keanekaragama hayati laut tertinggi.

Di Indonesia terdapat 2,500 spesies of molluska, 2,000 spesies krustasea, 6 spesies penyu laut, 30 mamalia laut, dan lebih dari 2,500 spesies ikan laut.

Luas ekosistem terumbu karang Indonesia diperkirakan mencapai 2,5 juta hektar.

Dengan ditemukannya 362 spesies scleractinia (karang batu) yang termasuk dalam 76 genera, Indonesia merupakan episenter dari sebaran karang batu dunia.

Baca juga: Cegah Pemutihan, Terumbu Karang Diberi Makan Bakteri Probiotik

Ekosistem pesisir, seperti padang lamun, mangrove dan terumbu karang memainkan peranan penting dalam industri wisata bahari.

Selain memberikan pelindungan pada kawasan pesisir dari hempasan ombak dan gerusan arus.

Ekossistem pesisir ini merupakan tempat bertelur, membesar dan mencari makan dari beraneka ragam biota laut yang kesemuanya merupakan sumber produksi penting bagi masyarakat pesisir.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com