Mengapa Laut Indonesia Menjadi Tempat Spesial sebagai Habitat Terumbu Karang? Jawaban Soal 7 Agustus SMP

Kompas.com - 07/08/2020, 07:45 WIB
konservasi terumbu karang di Kepulauan Seribu Dok. Dinas KPKPkonservasi terumbu karang di Kepulauan Seribu
Penulis Ari Welianto
|

KOMPAS.com - Program Belajar dari Rumah yang tayang di TVRI pada Jumat, 7 Agustus 2020 membahas materi tentang Optimisme Bumi: Samudra untuk SMP.

Ada tiga pertanyaan dalam pembahasan materi tersebut. Berikut adalah pembahasan pertanyaan kedua.

Soal: Mengapa laut Indonesia menjadi tempat yang spesial sebagai habitat terumbu karang?

Jawaban: Di Indonesia memiliki terumbu karang paling beragam di dunia.

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar dunia yang terdiri dari ribuan pulau besar dan kecil, dengan panjang garis pantai mencapai hampir 81.000 kilometer yang dilindungi oleh ekosistem terumbu karang.

Baca juga: Dituding Merusak Terumbu Karang, Apa Itu Cantrang?

Indonesia yang terletak di sepanjang katulistiwa, mempunyai terumbu karang terluas di dunia tersebar mulai dari Aceh sampai Irian Jaya.

Dengan jumlah penduduk 200 juta jiwa, yang 60 persennya tinggal di daerah pesisir, maka terumbu karang merupakan tumpuan sumber penghudupan utama.

Dikutip situs Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Indonesia merupakan salah satu negara terpenting di dunia sebagai penyimpan keanekaragama hayati laut tertinggi.

Di Indonesia terdapat 2,500 spesies of molluska, 2,000 spesies krustasea, 6 spesies penyu laut, 30 mamalia laut, dan lebih dari 2,500 spesies ikan laut.

Luas ekosistem terumbu karang Indonesia diperkirakan mencapai 2,5 juta hektar.

Dengan ditemukannya 362 spesies scleractinia (karang batu) yang termasuk dalam 76 genera, Indonesia merupakan episenter dari sebaran karang batu dunia.

Baca juga: Cegah Pemutihan, Terumbu Karang Diberi Makan Bakteri Probiotik

Ekosistem pesisir, seperti padang lamun, mangrove dan terumbu karang memainkan peranan penting dalam industri wisata bahari.

Selain memberikan pelindungan pada kawasan pesisir dari hempasan ombak dan gerusan arus.

Ekossistem pesisir ini merupakan tempat bertelur, membesar dan mencari makan dari beraneka ragam biota laut yang kesemuanya merupakan sumber produksi penting bagi masyarakat pesisir.

 


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X