Cegah Pemutihan, Terumbu Karang Diberi Makan Bakteri Probiotik

Kompas.com - 18/06/2020, 17:30 WIB
Terumbu karang di Great Barrier Reef yang memutih seiring naiknya suhu laut akibat pemanasan global dan perubahan iklim. ShutterstockTerumbu karang di Great Barrier Reef yang memutih seiring naiknya suhu laut akibat pemanasan global dan perubahan iklim.

KOMPAS.com - Ilmuwan telah menemukan beberapa jenis bakteri baik atau probiotik yang dapat membantu karang tetap sehat selama masa-masa stres atau pemutihan (coral bleaching).

Penelitian ini sekaligus memberikan kunci untuk bisa melestarikan ekosistem perairan di wilayah yang mengalami kenaikan suhu laut.

Salah satunya pada kawasan Great Barrier Reef di Australia yang merupakan kumpulan terumbu karang terbesar di dunia dengan luas 2.300 kilometer.

Melansir IFL Science, Rabu (17/6/2020), Great Barrier Reef Foundation menyatakan, sebuah penelitian lingkungan di dalam laboratorium berhasil membuktikan, bahwa memberi makan probiotik dapat meningkatkan kesehatan terumbu karang.