Manfaat Beta Karoten pada Ubi Jalar

Kompas.com - 06/08/2020, 20:00 WIB
Ilustrasi. FREEPIK/JCOMPIlustrasi.

KOMPAS.com - Beta karoten pada ubi jalar memiliki manfaat untuk antioksidan alami yang membantu meningkatkan ketahanan tubuh dari radikal bebas dan penyakit. 

Manfaat beta karoten sebagai antioksidan

Mengutip Seluk Beluk Food Supplement (2006) karya Vita Health, karoten adalah pigmen berwarna dominan merah, kuning, dan jingga (oranye) yang secara alami terdapat pada tumbuhan dan buah-buahan, yang dikonversi oleh tubuh dan diubah menjadi Vitamin A.

Karoten berfungsi sebagai antioksidan. Sedangkan beta karoten adalah salah satu bentuk senyawa karoten. Salah satu tumbuhan yang mengandung beta karoten adalah ubi jalar ungu. 

Manfaat antioksidan pada ubi jalar ungu terkait peran beta karoten. Beta karoten adalah penawar kuat untuk oksigen reaktif, yaitu radikal bebas yang merusak.

Kelenjar timus yang berperan dalam sistem daya tahan tubuh (imun) sangat rentan mengalami kerusakan akibat radikal bebas. Diperkirakan beta karoten lebih berdayaguna untuk melindungi sistem imun dibandingkan vitamin A.

Beta karoten bisa sinergi dengan komponen zat gizi lain yang diperlukan tubuh. Beta karoten bisa dikonsumsi bersamaan dengan Vitamin C dan Vitamin E. Sehingga meningkatkan kemampuan antioksidan di dalam tubuh.

Semakin lengkap keberadaan antioksidan di dalam tubuh, maka semakin kuat daya kerja dalam melawan radikal bebas. Sebab ada daya sinergis dari masing-masing antioksidan dalam mengatasi radikal bebas.

Baca juga: Pengeringan Umbi-umbian Sebagai Upaya Pengawetan

Manfaat beta karoten

Mengutip Khasiat Warna-warni Makanan (2008) karya Made Astawan, beta karoten yang baik untuk dikonsumsi adalah beta karoten alami yang berasal dari bahan pangan.

Beta karoten banyak ditemukan pada sayur dan buah yang berwarna kuning, jingga dan sayuran hijau. Seperti ubi jalar, mangga, wortel, bayam, dan kangkung.

Beberapa manfaat beta karoten bagi kesehatan adalah:

  • Sebagai antioksidan
  • Mencegah penyakit kanker
  • Meningkatkan daya tubuh
  • Mengurangi risiko stroke
  • Untuk kesehatan mata
  • Sumber Vitamin A
  • Memberikan efek analgetik (antinyeri) dan antiinflamasi (anti peradangan)

Baca juga: Contoh Makanan Sehat dan Tidak Sehat

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X