Cara Menjaga Terumbu Karang, Jawaban Soal TVRI 7 Agustus SMP

Kompas.com - 07/08/2020, 07:30 WIB
Ilustrasi terumbu karang yang sehat dan belum terkena dampak pemanasan global yang menyebabkan pemutihan karang karena kenaikan suhu air laut. Ilustrasi terumbu karang yang sehat dan belum terkena dampak pemanasan global yang menyebabkan pemutihan karang karena kenaikan suhu air laut.
Penulis Ari Welianto
|

KOMPAS.com - Program Belajar dari Rumah yang tayang di TVRI pada Jumat, 7 Agustus 2020 membahas materi tentang Optimisme Bumi: Samudra untuk SMP.

Ada tiga pertanyaan dalam pembahasan materi tersebut. Berikut adalah pembahasan pertanyaan pertama.

Soal: Apa saja yang dapat kita lakukan untuk menjaga terumbu karang?

Jawaban: Terumbu karang merupakan ekosistem yang paling beragam di lautan, mereka seperti hutan di dataran.

Dengan keberagaman tersebut, mereka sangat penting untuk kehidupan manusia. Ada lebih dari 500 juta orang yang hidupnya bergantung pada terumbu karang.

Baca juga: Terumbu Karang di Perairan Alor Rusak, Ini Penyebabnya...

Terumbu karang melindungi daratan dari kerusakan yang diakibatkan badan dan topan. Mereka adalah sumber dari berbagai obat-obatan.

Dalam buku Rehabilitasi Terumbu Karang (2018 ) karya Guntur A.B, terumbu karang adalah tumpukan endapan yang sangat masif, dihasilkan dari kalsium karbonat yang diproduksi oleh filum cnidaria, kelas anthozoa, ordo madreporaria, dengan adanya penambahan dari alga berkapur dan organisme lain yang menghasilkan kalsium karbonat.

Saat ini keberadaan terumbu karang terancam punah dan harus ada upaya untuk menjaga dan melestarikan.

Ekosistem terumbu karang adalah ekosistem yang mengandung sumber daya alam yang dapat memberi manfaat besar bagi manusia.

Dari itu diperlukan kearifan manusia untuk mengelolanya, yang bisa menjadikan sumber daya alam ini menjamin kesejahteraan manusia sepanjang zaman.

Baca juga: Potensi Kemaritiman Indonesia: Terumbu Karang

Berikut yang bisa kita lakukan untuk menjaga terumbu karang:

  • Menjaga kebersihan laut dan pesisir pantai.
  • Menjaga terjadinya erosi
  • Menangkap ikan tanpa merusak karang
  • Tidak mengambil karang dan terumbu karang
  • Pengenalan karang dan terumbu karang sejak dini
  • Sosialisasi fungsi dan manfaat terumbu karang.

 


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X