Kompas.com - 03/06/2020, 06:11 WIB
Museum Nasional, belajar dari rumah TVRI 3 Juni Kompas.com/Gischa PrameswariMuseum Nasional, belajar dari rumah TVRI 3 Juni

KOMPAS.com - Program Belajar dari Rumah TVRI pada Rabu, 3 Juni 2020 membahas Museum Nasional untuk siswa kelas 4-6 SD.

Di akhir tayangan, terdapat tiga pertanyaan. Berikut pembahasan soal pertama dan jawabannya...

Soal: Ceritakan kembali sejarah berdirinya Museum Nasional menggunakan bahasamu sendiri!

Jawaban:

Museum Nasional Republik Indonesia, lebih dikenal sebagai Museum Gajah atau Gedung Gajah. Museum ini terletak di Jakarta Pusat, tepatnya Jalan Medan Merdeka Barat 12.

Museum Nasional menjadi museum terbesar dan terlengkap di Asia Tenggara. Dengan jumlah koleksi sekitar 141 ribu.

Dilansir dari situs resmi Museum Nasional Indonesia, Museum Nasional terkenal dengan Museum Gajah karena terdapat arca gajah perunggu yang berdiri di depan gedung museum.

Arca gajah perunggu tersebut hadiah dari Raja Chulalongkorn (Rama V) dari Thailand pada 1871.

Museum Nasional Indonesia juga kadang disebut sebagai gedung arca, karena menyimpan berbagai jenis dan bentuk arca yang berasal dari berbagai periode.

Baca juga: Sejarah Hari Lahir Pancasila

Gedung ini didirkan oleh Pemerintah Belanda pda 24 April 1778, saat pembentukan himpunan Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen (BG).

Gedung tersebut menyimpan banyak sekali buku dan barang yang digunakan untuk penelitian atau perkembangan pengetahuan. Pada tahun 1868, gedung museum ini baru dibuka untuk umum.

Mengingat pentingnya museum ini bagi bangsa Indonesia maka pada tanggal 17 September 1962 Lembaga Kebudayaan Indonesia menyerahkan pengelolaan museum kepada pemerintah Indonesia, yang kemudian menjadi Museum Pusat.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X