Cara Beternak Kambing Perah Agar Menghasilkan Susu Kambing Berkualitas

Kompas.com - 03/06/2020, 08:15 WIB
Tangkapan layar Belajar dari Rumah TVRI SMA 3 Juni 2020 membahas Bio Sains Pertanian: Yoghurt Susu Kambing. KOMPAS.com/Arum Sutrisni PutriTangkapan layar Belajar dari Rumah TVRI SMA 3 Juni 2020 membahas Bio Sains Pertanian: Yoghurt Susu Kambing.

KOMPAS.com - Belajar dari Rumah TVRI SMA pada Rabu, 3 Juni 2020 membahas Bio Sains Pertanian: Yoghurt Susu Kambing.

Dalam tayangan tersebut terdapat tiga pertanyaan. Berikut ini soal dan jawaban Belajar dari Rumah TVRI SMA 3 Juni 2020:

Pertanyaan:

Setelah mengetahui persiapan berbisnis susu kambing perah, lantas bagaimana cara beternak kambing perah agar menghasilkan susu kambing yang berkualitas?

Jawaban:

Cara beternak kambing perah agar menghasilkan susu kambing yang berkualitas:

  • Memilih bibit kambing yang baik dengan ciri-ciri:sehat dan tidak cacat fisik, nafsu makan besar dan aktif, bulu bersih dan mengkilat, dada lebar, kaki lurus dan kuat, berasal dari keturunan kembar dan induk yang tidak sedarah.
  • Usia minimal kambing siap kawin: betina 10-12 bulan jantan lebih dari 12 bulan.
  • Kambing yang sedang hamil dipelihara secara terpisah.
  • Pemberian pakan hijau setiap hari 10% atau lebih dari bobot kambing. Anjurannya, pemberian pakan hijau dua kali lipat dari kebutuhan kambing.
  • Pemberian pakan dilakukan dua kali sehari pagi dan sore. Berikan garam dapur dan ampas tempe untuk mencukupi kebutuhan mineral.

Penjelasan:

Untuk memulai ternak kambing pertama kita harus memilih bibit yang baik.

Ciri-ciri bibit yang baik adalah sehat, tidak cacat fisik, nafsu makan besar dan aktif, bulu bersih dan mengkilat, dada lebar, kaki lurus dan kuat, berasal dari keturunan kembar dan induk tidak sedarah.

Untuk tahap perkembangbiakannya kita harus memperhatikan umur kambing betina. Kambing betina biasanya telah dewasa pada umur 6-8 bulan. Tetapi pada umur itu kambing betina belum siap dikawinkan, harus menunggu kambing betina berumur 10-12 bulan.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X