Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Arti Kerja Bakti dan Lokasi Kegiatannya

KOMPAS.com - Kerja bakti dilakukan untuk kepentingan umum atau bersama. Kerja bakti termasuk kegiatan gotong royong yang sudah ada sejak zaman dahulu.

Menurut Puspitasari dalam buku Sistem Gotong Royong dalam Masyarakat Pedesaan Daerah Khusus Ibukota Jakarta (1979), kerja bakti diperkirakan sudah ada sejak zaman kerajaan kuno.

Saat itu, masyarakat diajak untuk bekerja tanpa bayaran atau upah, untuk melakukan proses pembangunan bagi raja atau kerajaan. Pada zaman penjajahan, kerja bakti juga dilakukan untuk mengerjakan proyek pemerintah kolonial.

Arti kerja bakti dan lokasi kegiatannya

Apakah arti kerja bakti? Di mana sering diadakan kerja bakti? Simak penjelasannya berikut:

Arti kerja bakti

Arti kerja bakti adalah kegiatan gotong royong untuk membersihkan lingkungan sekitar dari kotoran. Contohnya kerja bakti membersihkan lingkungan sekitar sekolah dan tempat tinggal.

Mengutip dari jurnal Penguatan Nilai Karakter Kepedulian Melalui Kegiatan Kerja Bakti Bagi Siswa SD Negeri Kartasura 05 Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo (2020) oleh Yuliani SW, kerja bakti bermanfaat untuk lingkungan serta kehidupan manusia.

Beberapa manfaat itu adalah lingkungan menjadi bersih dan terawat, serta sumber penyakit menghilang. Sementara itu, manfaat kerja bakti untuk kehidupan manusia adalah memupuk rasa kebersamaan, sikap saling peduli, dan tolong menolong.

Lokasi kegiatan kerja bakti

Pelaksanaan kerja bakti bisa dilaksanakan di beberapa lokasi, seperti lingkungan sekitar rumah, lingkungan sekolah, tempat ibadah, pasar, dan tempat lainnya.

Kerja bakti sering dilaksanakan di lokasi atau tempat yang kotor, dan berkaitan dengan masyarakat luas. Contohnya kerja bakti membersihkan selokan, kerja bakti membersihkan pohon tumbang di tengah jalan, dan masih banyak lagi.

https://www.kompas.com/skola/read/2021/10/13/150000269/arti-kerja-bakti-dan-lokasi-kegiatannya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke