Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jenis Makanan Berdasarkan Kandungan Zat di Dalamnya

Jenis makanan berdasarkan kandungan zatnya dibagi menjadi karbohidrat, protein, lemak, serat, mineral, vitamin, dan air. Berikut adalah jenis makanan sesuai zat yang dikandungnya!

  • Karbohidrat

Karbohidrat adalah sumber makanan untuk membuat energi. Dilansir dari Harvard  T.H Chan Shcool of Public Health, zat karbohidrat bisa didapatkan dalam bentuk gula, serat, dan pati. Karbohidrat bersumber dari roti putih, kue, soda, popcorn, nasi, jagung, papeda, biji-bijian, sayur-sayuran, kacang-kacangan, dan roti coklat (terbuat dari gandum dan quinoa)

  • Protein

Protein merupakah zat pembangun tubuh makhluk hidup, hormon, dan juga enzim. Dilansir dari Healthline, protein didapatkan dari telur, kacang almond, dada ayam, oat, keju cottage, keju swiss, keju parmesan, mozzarella, yoghurt, susu, brokoli, daging tanpa lemak, daging ikan, dan udang.

  • Lemak

Lemak merupakan sumber energi yang melindungi tubuh, dapat menggantikan karbohidrat, dan mendungkun fungsi tubuh lainnya. Lemak berasal dari alpukat, keju, coklat, lemak ikan, biji chia, minyak zaitun, minyak kelapa, lemak hewani, es krim dan mentega.

  • Mineral

Dilansir dari Medline Plus, ada mineral yang dibutuhkan dalam jumlah besar yaitu kalsium, fosfor, magnesium, sodium, natrium, klorida, dan belerang. Mineral lainnya dibutuhkan dalam jumlah kecil seperti besi, mangan, yodium, tembaga, seng, kobalt, fluoride, dan selenium.
Mineral didapat dari makanan seperti garam dapur, kecap, susu dan produk olahan susu, kuning telur, kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran hijau,

  • Serat

Makanan kaya serat dapat membantu kesehatan sistem pencernaan tubuh, menurunkan kadar gula darah, memberi makan bakteri baik di usus, dan menghindarkan dari sembelit. Beras merah, oat, ubi jalar, beras hitam, gandum, pir, pisang, kacang-kacangan, blueberi, wortel, dan apel.

  • Vitamin

Vitamin bisa didapatkan dari susu, susu kedelai, jamur, kentang, brokoli, daging, ikan, jeruk, paprika, tomat, pisang, bayam, wortel, ubi, asparagus, biji-bijiann, sayur-sayuran, dan buah-buahan.

  • Air

Dilansir dari Healthline, makanan yang kaya dengan air dapat membantu memenuhi kebutuhan air harian dan menghindarkan tubuh dari dehidrasi. Contoh makanan yang kaya akan air adalah semangka, stroberi, blewah, persik, jeruk, susu krim, mentimun, selada, seledri, sup, yoghurt, tomat, paprika, anggur, air kelapa, apel, kubis, dan nans.

https://www.kompas.com/skola/read/2021/02/01/195040569/jenis-makanan-berdasarkan-kandungan-zat-di-dalamnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke