Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kerajinan dari Bahan Limbah Kertas

Caranya dengan memanfaatkan limbah itu sendiri dengan dibuat berbagai keterampilan yang menarik bagi masyarakat luas.

Limbah yang dimanfaatkan adalah limbah organik. Salah satu limbah organik yang bisa dibuat keterampilan adalah limbah kertas.

Dikutip dari buku Kreasi Cantik dari Bubur Kertas (2006) karya Elvira Novianti Nurwarjani, kertas memiliki karakter cukup unik, di mana terdiri dari bahan tipis dan rata yang dihasilkan dari kompresi serat.

Serat yang digunakan biasanya adalah serat alami dan mengandung selulosa. Permukaan yang kasar justru membuat kertas tampak lebih alami dan artistik.

Kertas juga merupakan bahan yang ringan dan mudah digunakan. Umumnya, orang menggunakan kertas sebagai media untuk menulis, mencetak, mengambar, membungkus, atau menggemas barang.

Setelah digunakan, sisa kertas sering kali langsung dibuang. Padahal jika dimanfaatkan dengan dijadikan karya menarik akan bermanfaat bagi masyarakat luas.

Dengan menjadikan limbah kertas sebagai karya seni yang indah, maka membuat harganya pun menjadi tinggi. Banyak orang-orang yang tertarik untuk memilikinya.

Selain dapat bermanfaat kembali, hasil dari produk kerajinan kertas bekas dapat menjadi peluang usaha.

Kertas termasuk bahan yang ringan dan mudah digunakan, bahkan dengan memanfaatkan dan mempermainkan tekstur dapat menghasilkan karya yang menarik.

Tapi tidak sedikit orang yang tetap beranggapan bahwa kertas memiliki karakter yang rapuh dan mudah sekali hancur terutama terkena air.

Alat dan bahan membuat kerajinan dari limbah kertas

Kertas merupakan bagian dari limbah organik kering. Sifat kertas memiliki pori-pori yang lebar sehingga mudah hancur dan mudah menyerap air dalam waktu singkat.

Dikutip situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (kemdikbud), meski kertas mudah hancur jika terkena air, tapi jika digunkan sebagai bahan dasar produk kerajinan kertas dapat diolah sedemikian rupa agar tidak mundah hancur.

Caranya, dengan menambah kandungan lem atau zat pelindung anti air seperti melanin atau politur. Ini dilakukan agar produk kerajinan dari kertas bisa bertahan lama, tidak mudah rusak, dan terlihat lebih kuat.

Berikut bahan dan alat pembuatan kerajinan dari limbah kertas:

  • Kertas bekas

Kertas bekas atau kerta yang sudah tidak dipakai selain digunakan untuk bahan utama yang direndam, juga dibutuhkan untuk membuat kerangka.

Kertas bisa dipakai dari majalah atau koran-koran yang sudah tidak terpakai. Sebelum dibuat kerajinan terlebih dahulu dipilah atau sesuai dengan perencanaan kerajinan yang akan dibuat.

  • Lem kertas

Peralatan yang tidak kalah penting untuk membuat kerajinan dari limbah kertas adalah lem kertas.

Lem digunakan buat menguatkan kertas-kertas yang sudah diolah untuk kemudian dijadikan kerangka kerajinan.

Sehingga hasil kerajinan yang diperoleh kuat bisa bertahan lama dan tidak mudah rusak.

  • Gunting

Gunting digunakan untuk memotong pola, benang atau lainnya yang diperlukan dalam membuat kerajinan.

Selain gunting bisa juga memakai cutter yang sewaktu-waktu dibutuhkan untuk memotong.

Pemanfaatan limbah kertas tidak perlu penanganan khusus seperti halnya limbah jenis organik lainnya. Sehingga dalam proses pembuatan berbagai kerajinan tidak menemui kendala atau masalah.

Produk kerajinan limbah kertas

Salah satu produk kerajinan limbah kertas adalah tempat tisu.

Bahan yang dibutuhkan:

  • Koran bekas
  • Pensil
  • Pengaris
  • Gunting
  • Kardus bekas tempat sepatu
  • Lem atau double tape

Cara membuatnya:

  1. Siapkan satu lembar kertas bekas dari koran, lalu potong menjadi beberapa bagian dan gulung seperti menyerupai lidi. Agar gulungan tidak lepas, gunakan lem kertas di ujung gulungan.
  2. Berikutnya potong gulungan-gulungan kertas tadi dengan ukuran tinggi dan lebar yang sama.
  3. Kemudian ambil kardus bekas sepatu dan lubangi dengan menggunakan gunting atau cutter secara memanjang tepat ditengah untuk keluar tisu saat ditarik.
  4. Selanjutnya permukaan kardus ditempeli dengan gulungan-gulungan kertas yang sudah di lem atau diberi double tape. Usahakan seluruh permukaan kardus ditempeli.
  5. Proses pembuatan kerajinan tempat tisu dari limbah kertas sudah jadi.

https://www.kompas.com/skola/read/2021/01/06/190000369/kerajinan-dari-bahan-limbah-kertas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke