Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/03/2024, 17:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Gigi memiliki fungsi yang sangat penting bagi sistem pencernaan. Gigi digunakan untuk memotong dan menghancurkan makanan, sehingga membuat makanan lebih mudah dicerna.

Meskipun lebih mirip tulang, gigi sebenarnya adalah organ ektodermal, seperti rambut, kulit, dan kelenjar keringat.

Fakta unik gigi manusia

Lebih lanjut, berikut adalah 5 fakta unik tentang gigi manusia yang mungkin belum Anda ketahui.

1. Gigi manusia unik seperti sidik jari

Gigi sama uniknya dengan sidik jari. Tidak ada dua set gigi yang benar-benar sama. 

Teknologi yang digunakan untuk menghubungkan cetakan gigi dengan identifikasi pelaku kejahatan dianggap tidak dapat diandalkan, namun catatan gigi masih dapat memainkan peran penting dalam identifikasi postmortem, menurut Dental Research Journal.

Baca juga: Apakah Katak Mempunyai Gigi?

2. Enamel gigi adalah zat terkeras dalam tubuh manusia

Enamel yang membentuk lapisan terluar gigi adalah zat terkuat yang dibuat oleh tubuh manusia. Namun, meskipun lapisan luarnya kuat, gigi juga merupakan satu-satunya bagian tubuh yang tidak dapat memperbaiki dirinya sendiri.

3. Gigi tidak dapat memperbaiki dirinya sendiri

Gigi adalah satu-satunya bagian tubuh manusia yang tidak dapat menyembuhkan dirinya sendiri. Jadi, meskipun enamel gigi adalah bagian yang sangat kuat dari tubuh, penting untuk merawatnya dengan baik agar kesehatan gigi tetap terjaga. 

Sebuah makalah yang diterbitkan oleh American Family Physician menyatakan bahwa alasan umum orang harus berkonsultasi dengan dokter gigi, di luar pemeriksaan rutin, adalah radang pulpa (sering disebabkan oleh karies), gigi patah, dan trauma.

4. Plak gigi bisa mengandung lebih dari 300 spesies bakteri

Plak dapat mengandung 200 hingga 300 spesies bakteri yang berbeda. Meskipun tidak semua bakteri ini membahayakan kesehatan gigi, satu jenis bakteri, yaknu Streptococcus mutans, adalah penyebab utama kerusakan gigi. 

Baca juga: Bolehkah Berbagi Sikat Gigi dengan Orang Lain?

5. Manusia dapat memiliki hingga enam gigi bungsu

Gigi geraham ketiga dikenal sebagai 'gigi bungsu'. Kebanyakan orang dewasa memiliki empat gigi bungsu. 

Tetapi, normal juga jika kita untuk memiliki 0, 1, 2, 3, atau bahkan 6 gigi bungsu. Bergantung pada berapa banyak gigi bungsu yang kita miliki, mereka mungkin kesulitan menemukan ruang di mulut. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com