Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/06/2023, 12:00 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

Sumber WebMD,Forbes

KOMPAS.com - Anjing bukan termasuk sebagai hewan herbivora alias pemakan dedauan. Namun, sebagai pemilik anjing, beberapa dari Anda pasti pernah mencermati hewan berbulu ini memakan rumput.

Apakah mereka lapar, bosan dengan makanannya, atau sakit? Anda mungkin khawatir ketika melihatnya.

Baca juga: Kenapa Anjing Suka Bermain dengan Tongkat?

Alasan anjing makan rumput

Mengutip Web MD, anjing memakan rumput sebenarnya cukup umum dijumpai, bahkan pada anjing liar.

Ini merupakan bentuk dari pica, istilah teknis untuk gangguan yang ditandai dengan memakan sesuatu yang bukan makanan. Dan bentuk pica ini biasanya tidak menyebabkan terlalu banyak masalah.

Satu studi skala kecil terhadap 49 pemilik anjing yang anjingnya memiliki akses rutin ke rumput dan tanaman lain menemukan bahwa 79 persen anjing pernah memakan tanaman.

Survei lain tentang anjing menemukan rumput adalah tumbuhan yang paling sering dimakan.

Ada berbagai alasan mengapa anjing memakan rumput.

Beberapa ahli menyebut anjing makan rumput ketika tidak enak badan. Itu menjadi cara yang membuat mereka muntah sehingga kemudian merasa lebih lebih baik.

Namun gagasan ini dibantah atas dasar anjing tidak terbukti cukup pintar untuk memutuskan mengobati sakit perut dengan memakan rumput.

Alasan lain mengapa anjing makan rumput adalah berguna untuk meningkatkan pencernaan atau memenuhi beberapa kebutuhan nutrisi yang tidak terpenuhi, termasuk kebutuhan serat.

Baca juga: Apakah Kucing dan Anjing Bisa Alergi terhadap Manusia?

Melansir Forbes, anjing memakan rumput bisa jadi lantaran bosan atau menyadari bahwa perilaku itu menarik perhatian pemiliknya.

Anjing adalah hewan yang pintar. Jika mereka memperhatikan bahwa mereka menerima lebih banyak perhatian dari pemilik setiap kali makan rumput, itu dapat dengan cepat menjadi perilaku yang mereka kembangkan untuk mencari lebih banyak perhatian.

"Hanya karena anjing mengunyah rumput tidak secara otomatis menunjukkan bahwa ia mengalami gangguan pencernaan, kekurangan serat atau kekurangan nutrisi," kata Steven Golla, dokter hewan di Innovetive Petcare.

Beberappa anjing juga menyukai rumput karena menikmati rasa atau tekstur rumput segar. Anjing juga dapat menikmati kelembapan yang didapat dari rumput yang dilapisi embun

"Beberapa anjing senang mencicipi atau memakan rumput, terutama yang masih muda," ungkap Marisa Brunetti, dari IndeVets.

Baca juga: Benarkah Anjing Kecil Lebih Panjang Umur Dibandingkan Anjing Besar?

Haruskah menghentikan anjing makan rumput?

Meski sebagian besar ahli setuju bahwa memakan rumput itu tidak berbahaya, satu yang perlu diingat adalah ada kemungkinan rumput terkena herbisida dan pestisida tertentu di halaman. Itu bisa sangat beracun, terutama jika tertelan.

Selain itu, sejunlah tanaman rumah dan kebun bisa beracun yang dapat menimbulkan masalah jika anjing mengunyahnya bersama dengan rumput.

Untuk itu pastikan tanaman di dalam atau di sekitar aman untuk anjing. Anda bisa mengeceknya terlebih dahulu, salah satunya adalah di situs Pusat Pengendalian Racun Hewan ASPCA yang memiliki daftar tanaman beracun dan tidak beracun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com