Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Manfaat Jamur Cordyceps untuk Kesehatan Menurut Sains

Kompas.com - 31/01/2023, 16:00 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber Healthline


KOMPAS.com - Cordyceps menjadi jamur zombi dalam serial fiksi The Last of Us. Digambarkan dalam serial tersebut, jamur tersebut menginfeksi manusia dan membuatnya menjadi zombi.

Namun, siapa sangka, ternyata jamur Cordyceps memiliki berbagai manfaat baik untuk kesehatan yang telah terbukti secara ilmiah.

Seperti dikutip dari Healthline, Selasa (31/1/2023), jamur Cordyceps adalah genus jamur parasit yang tumbuh pada larva serangga, umumnya banyak ditemukan pada semut.

Ketika jamur ini menyerang inangnya, mereka akan mengganti jaringan inang, lalu menumbuhkan batang panjang dan ramping yang tumbuh di luar tubuh inang.

Di China, sisa-sisa tubuh dan jamur Cordyceps dikumpulkan lalu dikeringkan untuk digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok dan telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati berbagai gangguan kesehatan.

Di antaranya seperti kelelahan, menyembuhkan berbagai penyakit, dan menyembuhkan dorongan seksual yang rendah.

Banyak suplemen dan produk kesehatan yang terkandung ekstrak jamur Cordyceps dan semakin populer akan manfaat kesehatannya.

Baca juga: Ini Manfaat Habiskan Waktu di Ruang Terbuka Hijau untuk Kesehatan

Bahkan lebih dari 400 spesies jamur Cordyceps yang ditemukan, dua jenis di antaranya menjadi fokus penelitian kesehatan, yakni Cordyceps sinensis dan Cordyceps militaris.

Potensi manfaat jamur Cordyceps untuk kesehatan

Kendati demikian manfaat jamur Cordyceps masih sebatas studi yang dilakukan pada hewan atau laboratorium, dan para ahli kesehatan belum bisa menarik kesimpulan tentang pengaruhnya terhadap manusia.

Akan tetapi, potensi manfaat jamur Cordyceps untuk kesehatan masih diyakini menjanjikan untuk diteliti, berikut potensi manfaatnya.

1. Manfaat jamur Cordyceps meningkatkan performa otot

Bagi mereka yang memiliki aktivitas fisik yang intens, seperti atlet, manfaat jamur Cordyceps dianggap dapat meningkatkan produksi molekul adenosine triphosphate (ATP) tubuh, yang penting untuk memberikan energi ke otot.

Senyawa ini dapat meningkatkan cara tubuh kita menggunakan oksigen, terutama saat berolahraga. Manfaat ini telah ditemukan dalam sebuah studi yang menguji pengaruh jamur Cordyceps terhadap kapasitas olahraga pada 30 orang dewasa yang sehat menggunakan sepeda statis.

Kendati demikian, bagi atlet yang terlatih, manfaat jamur Cordyceps tidak menunjukkan peningkatan performa yang berarti.

Baca juga: Ini Manfaat Kurma untuk Kesehatan Saat Buka Puasa dan Sahur

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com