Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buah Nanas untuk Menurunkan Berat Badan, Apakah Bisa?

Kompas.com - 03/11/2022, 17:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Nanas adalah buah tropis yang sudah sangat dikenal baik manfaat dan khasiatnya bagi kesehatan. Namun, apakah buah nanas bisa membantu menurunkan berat badan?

Dikutip dari Everyday Health, Kamis (3/11/2022), sebuah studi pernah dilakukan terhadap tikus gemuk untuk menunjukkan apakah manfaat nanas dapat menurunkan berat badan.

Studi yang diterbitkan April 2018 di Food Science and Biotechnology menemukan, peningkatan metabolisme lemak setelah tikus gemuk mengonsumsi jus nanas.

Kendati studi itu menunjukkan bahwa manfaat nanas menurunkan berat badan tikus, namun apakah efek yang sama juga dapat diterapkan pada manusia, masih perlu dilakukan studi lebih lanjut.

Menurut ahli diet Julia Zumpano, RD, dilansir dari Cleveland Clinic, sebagian besar ahli penurunan berat badan merekomendasikan diet kaya buah dan sayuran.

Buah nanas adalah salah satu buah yang direkomendasikan untuk makanan penurun berat badan, karena buah ini mengandung enzim yang dapat membantu pembakaran lemak.

Baca juga: Sejarah dan Asal Usul Nama Subang, Kota Nanas yang Berasal dari Suweng

Zumpano mengungkapkan bahwa studi tentang manfaat buah nanas sebagai makanan untuk membantu menurunkan berat barat, baru berdasarkan studi pada hewan. Akan tetapi menurutnya, tidak ada salahnya menambahkan buah nanas yang sehat ini dalam menu diet.

Kandungan buah nanas

Buah nanas mengandung vitamin C dengan kadar yang tinggi. Dalam secangkir potongan buah nanas, terkandung sekitar sepertiga dari jumlah vitamin C harian yang dibutuhkan tubuh.

Manfaat vitamin C sendiri adalah membantu pertumbuhan dan perbaikan jaringan, serta membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan kanker, penyakit jantung hingga radang sendi.

Selain itu, kandungan nutrisi buah nanas lainnya, di antaranya mangan yang baik untuk tulang, vitamin B, bitamin B6, folat, dan berbagai mineral penting lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh, termasuk tembaga, kalium, dan magnesium.

Dalam kaitannya kesehatan pencernaan, buah nanas juga kaya serat. Mengandung hampir 10 persen serat dari kebutuhan serat harian tubuh. Manfaat serat pada nanas ini dapat meningkatkan kesehatan usus dan membantu mencegah rasa lapar.

Baca juga: Apa Saja Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com