Kompas.com - 05/10/2022, 19:03 WIB

KOMPAS.com - Penelitian mengungkap, bahwa burung nasar mampu menempuh perjalanan jauh dengan jarak yang tak main-main.

Studi tersebut menunjukkan, burung nasar secara teratur menempuh jarak lebih dari 1.200 kilometer selama seminggu.

Sedangkan jarak rata-rata yang ditempuh per bulan di musim kemarau dapat mencapai 3.000 km. Sementara saat musim hujan, jarak tempuh akan menurun menjadi 2.251 km.

Baca juga: Kali Pertama, Ahli Temukan Fosil Burung Nasar Purba di Australia

Perjalanan epik itu diketahui oleh para peneliti melalui penanda GPS khusus, yang dapat melacak pergerakan dan mengidentifikasi pola perilaku burung nasar Afrika di Tanzania.

Penanda dipasang pada 26 individu burung nasar yang ditandai di lima lokasi di Tanzania selatan.

Dengan menggunakan metode tersebut, seperti dikutip dari Phys, Rabu (5/10/2022) peneliti menemukan seekor burung terlacak mengunjungi delapan negara dalam perjalanannya.

Mereka mencatat burung memulai tur akbarnya itu dari Tanzania, Zambia, Zimbabwe, Botswana, Mozambik, Republik Demokratik Kongo, Afrika Selatan, dan Namibia.

"Kami tahu burung nasar menempuh jarak yang sangat jauh, tetapi ini pertama kalinya kami mengidentifikasi area spesifik yang mereka datangi saat mencari makan," ungkap Natasha Peters, penulis utama studi.

Dengan temuan tersebut, peneliti pun dapat menggunakan data untuk menginformasikan bagaimana intervensi konservasi yang efektif bagi burung nasar. Salah satunya menilai kapan di mana burung nasar berada pada risiko terbesar.

"Burung nasar adalah salah satu kelompok burung yang paling cepat menurun populasinya karena keracunan. Itu terjadi, ketika orang mengolesi bangkai dengan pestisida," papar Corinne Kendall, pemimpin studi dari North Carolina Zoo.

Halaman:
Sumber PHYSORG


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.