Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/09/2022, 13:21 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber AZ Animals


KOMPAS.com - Trenggiling adalah makhluk dengan penampilan yang unik, yakni seluruh tubuh hewan ini bersisik tebal dan keras. Memiliki mulut bermoncong, sebenarnya trenggiling makan apa?

Hewan trenggiling adalah jenis mamalia yang tubuhnya bersisik. Deretan sisik trenggiling saling tumpang tinding dan rapat.

Sisik-sisik ini akan melindungi trenggiling dari serangan pemangsa. Cara trenggiling melindungi dirinya yakni dengan meringkuhkan tubuhnya lalu menggelindingkan diri menjadi bola.

Inilah kemudian yang membuat hewan tersebut mendapat nama, dalam bahasa Melayu disebut pengguling, dikutip dari AZ Animals, Jumat (30/9/2022).

Trenggiling adalah hewan mamalia yang hidup di seluruh wilayah Asia dan Afrika.

Terlepas dari penampilan fisiknya yang unik ini, makanan yang dikonsumsi hewan ini sesuai dengan bentuk mulutnya.

Baca juga: Bagaimana Cara Trenggiling Berkembang Biak?

Fitur menarik dari trenggiling, tampak pada bentuk mulut dan hewan bersisik tebal ini tidak punya gigi. Tanpa gigi, jadi trenggiling makan apa?

Trenggiling makan makanan yang terdiri dari berbagai jenis atau spesies semut, rayap hingga larva serangga. Trenggiling adalah hewan karnivora pemakan serangga.

Cara trenggiling makan adalah dengan menggunakan lidahnya yang lengket dan panjang untuk makan semut, rayap atau larva serangga.

Makanan trenggiling yakni semut dan rayap adalah mangsa yang cocok karena serangga-serangga ini memiliki struktur sarang yang terpusat dan populasinya sangat besar.

Trenggiling menggunakan indera penciuman mereka untuk mencari makan. Selain itu, larva serangga adalah sumber nutrisi yang sangat penting bagi trenggiling, terutama bagi spesies trenggiling arboreal.

Trenggiling makan semut hingga rayap dan mencari makan mereka dalam kegelapan malam, karena hewan bersisik tebal ini adalah hewan nokturnal, yakni hewan yang aktif di malam hari.

Baca juga: Hewan Trenggiling Itu Apa dan Kenapa Terancam Punah?

Halaman:
Sumber AZ Animals
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com