Kompas.com - 30/09/2022, 13:21 WIB


KOMPAS.com - Trenggiling adalah makhluk dengan penampilan yang unik, yakni seluruh tubuh hewan ini bersisik tebal dan keras. Memiliki mulut bermoncong, sebenarnya trenggiling makan apa?

Hewan trenggiling adalah jenis mamalia yang tubuhnya bersisik. Deretan sisik trenggiling saling tumpang tinding dan rapat.

Sisik-sisik ini akan melindungi trenggiling dari serangan pemangsa. Cara trenggiling melindungi dirinya yakni dengan meringkuhkan tubuhnya lalu menggelindingkan diri menjadi bola.

Inilah kemudian yang membuat hewan tersebut mendapat nama, dalam bahasa Melayu disebut pengguling, dikutip dari AZ Animals, Jumat (30/9/2022).

Trenggiling adalah hewan mamalia yang hidup di seluruh wilayah Asia dan Afrika.

Terlepas dari penampilan fisiknya yang unik ini, makanan yang dikonsumsi hewan ini sesuai dengan bentuk mulutnya.

Baca juga: Bagaimana Cara Trenggiling Berkembang Biak?

Fitur menarik dari trenggiling, tampak pada bentuk mulut dan hewan bersisik tebal ini tidak punya gigi. Tanpa gigi, jadi trenggiling makan apa?

Trenggiling makan makanan yang terdiri dari berbagai jenis atau spesies semut, rayap hingga larva serangga. Trenggiling adalah hewan karnivora pemakan serangga.

Cara trenggiling makan adalah dengan menggunakan lidahnya yang lengket dan panjang untuk makan semut, rayap atau larva serangga.

Makanan trenggiling yakni semut dan rayap adalah mangsa yang cocok karena serangga-serangga ini memiliki struktur sarang yang terpusat dan populasinya sangat besar.

Trenggiling menggunakan indera penciuman mereka untuk mencari makan. Selain itu, larva serangga adalah sumber nutrisi yang sangat penting bagi trenggiling, terutama bagi spesies trenggiling arboreal.

Trenggiling makan semut hingga rayap dan mencari makan mereka dalam kegelapan malam, karena hewan bersisik tebal ini adalah hewan nokturnal, yakni hewan yang aktif di malam hari.

Baca juga: Hewan Trenggiling Itu Apa dan Kenapa Terancam Punah?

Halaman:
Sumber AZ Animals


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.