Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER SAINS] Telapak Tangan Gatal Tanda Penyakit | Sejarah Perumusan Teks Proklamasi | Perbedaan Tata Surya, Galaksi dan Alam Semesta | Kandungan Nutrisi Susu

Kompas.com - 30/09/2022, 07:03 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Telapak tangan terasa gatal, ternyata bukan karena mau dapat uang. Simak berita populer Sains tentang tanda penyakit karena telapak tangan gatal.

Telapak tangan gatal bisa jadi tanda penyakit yang mungkin diperlukan perawatan yang berkala.

Dengan menemukan penyebab telapak tangan gatal ini, tentunya akan dapat membantu menghentikan rasa gatal, serta mengetahui tanda penyakit lebih cepat, sehingga memudahkan perawatan.

Dibalik penyusunan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia ada kisah menarik, yakni dilakukan di rumah seorang perwira Jepang.

Sejarah perumusan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia di rumah Laksamana Maeda, menjadi bukti upaya Jepang mendukung Indonesia merdeka, setelah kalah dari sekutu.

Tata surya, galaksi dan alam semesta adalah tiga hal berbeda. Namun, perbedaan ketiganya, memiliki saling keterkaitan yang tidak dapat terpisahkan.

Susu mengandung banyak nutrisi sehat bagi tubuh, terutama susu sapi. Kandungan nutrisi susu tidak hanya terdiri dari kalori, lemak dan protein saja, tetapi juga mengandung gula atau karbohidrat, fostor, bahkan mineral seperti vitamin D dan potasium.

Berikut beberapa rangkuman berita populer Sains sepanjang Kamis (29/9/2022).

Telapak tangan gatal tanda penyakit

Keluhan telapak tangan gatal, bukanlah tanda akan dapat uang. Ternyata secara medis, penyebab telapak tangan gatal dapat disebabkan oleh berbagai kondisi dan bisa jadi suatu tanda penyakit.

Ada beberapa kondisi yang menjadi penyebab telapak tangan gatal. Seperti kulit kering, yang mana dapat diakibatkan oleh suhu dingin atau kebiasaan mencuci tangan berulang kali.

Kulit kering dapat mengiritasi dan menyebabkan rasa gatal. Rasa gatal dapat diatasi dengan mengoleskan losion pelembab.

Penyebab lain telapak tangan gatal, bisa jadi karena reaksi alergi. Pada beberapa kasus, telapak tangan yang gatal bisa terjadi selama beberapa jam setelah kontak dengan alergen.

Telapak tangan gatal bisa juga disebabkan oleh penyakit, seperti psoriasis. Ini adalah kondisi kulit yang umumnya menyebabkan pertumbuhan sel-sel kulit tidak terkendali.

Gejala psoriasis yang biasanya muncul seperti melepuh merah atau terkadang kulit bersisik, nyeri disertai sendi bengkak, atau kulit pecah-pecah.

Penyebab telapak tangan gatal juga bisa karena eksim. Penyakit kulit ini merupakan kondisi yang membuat kulit gatal, termasuk di bagian telapak tangan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com