Kompas.com - 30/09/2022, 09:05 WIB

KOMPAS.com - Jenis penyakit jantung yang paling umum adalah penyakit jantung koroner, yang memengaruhi aliran darah ke jantung. Penurunan aliran darah dapat menyebabkan serangan jantung.

Gejala penyakit jantung

Seringkali penyakit jantung muncul dalam "diam", sehingga tidak terdiagnosis sampai seseorang mengalami tanda atau gejala serangan jantung, gagal jantung, atau aritmia.

Baca juga: Penyakit Jantung Koroner, Ketahui Penyebab dan Cara Mendiagnosisnya

Ketika kondisi tersebut terjadi, kemungkinan akan muncul gejala berikut:

Serangan jantung: Nyeri dada luar biasa, nyeri punggung atau leher bagian atas, gangguan pencernaan, mulas, mual atau muntah, kelelahan ekstrem, ketidaknyamanan tubuh bagian atas, pusing, dan sesak napas.

Aritmia: Perasaan berdebar-debar di dada (palpitasi).

Gagal jantung: Sesak napas, kelelahan, atau pembengkakan pada kaki, pergelangan kaki, tungkai, perut, atau vena leher.

Cara mencegah serangan jantung

Apakah serangan jantung dapat dicegah? Kabar baiknya adalah, bahwa 80% dari serangan jantung prematur dapat dicegah.

Melansir laman WHO, kunci utama mencegah penyakit jantung, termasuk serangan jantung adalah pola makan sehat, aktivitas fisik yang teratur, dan tidak merokok.

Selain itu, penting juga untuk rutin melakukan pemeriksaan kesehatan dan mengendalikan faktor risiko penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan gula darah tinggi atau diabetes.

1. Makan makanan yang sehat

Pola makan seimbang sangat penting untuk kesehatan jantung dan sistem sirkulasi darah. Makanan ini harus mencakup banyak buah dan sayuran, biji-bijian, daging tanpa lemak, ikan, dan kacang-kacangan, dengan membatasi asupan garam, gula, dan lemak.

Halaman:
Sumber CDC,WHO


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.