Kompas.com - 22/09/2022, 09:05 WIB

KOMPAS.com - Peneliti menemukan hal yang menarik saat mereka mendokumentasikan simpanse di Hutan Tai, di Pantai Gading, Afrika Barat awal tahun 2022.

Peneliti mengidentifikasi, bahwa simpanse menggunakan berbagai alat batu untuk memecahkan jenis kacang yang berbeda pula.

Hasil temuan ini kemudian dipublikasikan di Royal Society Open Science.

Baca juga: Simpanse Gunakan Teriakan Berburu untuk Ajak Kawanannya Mencari Mangsa

Mengutip Phys, Rabu (21/9/2022) simpanse telah lama diketahui memiliki budaya penggunaan alat untuk memecah makanan mereka.

Tetapi hanya beberapa kelompok di Afrika Barat saja yang menggunakan peralatan batu untuk memecahkan kacang.

Studi ini pun menyoroti fakta, bahwa meski beberapa kelompok simpanse terlatih memecahkan kacang, alat yang mereka gunakan dapat berbeda satu sama lain.

Perbedaan alat ini terjadi karena adanya kombinasi pilihan batu, ketersediaan batu, dan spesies kacang yang dimakan.

Selain itu, dengan membandingkan model 3D dari alat-alat batu berbeda yang digunakan oleh simpanse di Hutan Tai dengan kelompok simpanse lain di Guinea, peneliti pun akhirnya memukan ada perbedaan mencolok antara kedua kelompok dalam hal budaya material mereka.

Studi menunjukkan, bahwa kelompok simpanse tertentu di Guinea ini menggunakan palu batu dengan berbagai jenis dan ukuran batu, dan landasan batu yang sangat besar, terkadang lebih dari satu meter panjangnya. Alat-alat batu tahan lama ini tersebar luas di seluruh lanskap.

Lebih lanjut, penelitian sebelumnya telah menunjukkan dengan menggunakan alat-alat batu, beberapa kelompok simpanse mengembangkan catatan arkeologi mereka sendiri setidaknya 4300 tahun yang lalu.