Kompas.com - 21/09/2022, 18:00 WIB

KOMPAS.com - Susu dikenal sebagai minuman yang tidak bertahan lama. Sudah dipasturisasi sekalipun, susu umumnya hanya bertahan 10-15 hari di kulkas.

Namun, lain ceritanya dengan susu UHT. Susu ini biasanya dikemas berbentuk kotak dan mudah ditemukan di toko dan supermarket ini bisa bertahan bulan-bulan, tidak basi, meski tanpa kulkas.

Apa itu proses UHT?

Susu UHT adalah susu yang telah melalui proses UHT atau ultra-heat-treated.

Ini merupakan proses di mana susu dipanaskan hingga suhu 140 derajat celcius selama tiga detik, jauh lebih panas dan lebih singkat dari proses pasturisasi yang memanaskan susu hingga 72 derajat celcius selama 15 detik.

Dalam waktu yang singkat itu, suhu tinggi membunuh seluruh bakteri dan spora bakteri secara instan. Susu pun menjadi nyaris steril dan selama disimpan dalam wadah yang aseptik dan tertutup, susu akan bertahan untuk waktu yang sangat lama.

Baca juga: Mengenal Manfaat Susu, dari Kaya Asam Amino hingga Cegah Osteoporosis

Proses UHT juga mengurai protein whey pada susu menjadi helaian-helaian lemas. Ada juga reaksi Maillard yang terjadi pada gula dan protein susu, dan membuat susu UHT terasa lebih manis.

Lalu timbul beragam senyawa sulfur yang membuat susu yang baru di-UHT memiliki bau seperti telur.

Apakah susu UHT tidak bisa rusak?

Ilustrasi susuDok. Shutterstock/Alter-ego Ilustrasi susu

Meski demikian, bukan berarti susu UHT tidak mungkin rusak.

Mantan pakar produk susu dari University of Queensland, Hilton Deeth, berkata bahwa susu UHT didesain untuk bertahan pada suhu 20-30 derajat saja atau suhu ruangan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber BBC Future
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.