Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Manusia Memiliki Dua Lubang Hidung? Ini Fungsinya

Kompas.com - 05/09/2022, 07:05 WIB
Zintan Prihatini,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Manusia memiliki beberapa organ yang berpasangan, seperti tangan, kaki, telinga, mata, hingga lubang hidung.

Mata berpasangan untuk memberi kita penglihatan yang memungkinkan melihat objek secara mendalam.

Sementara dua telinga memberi kita pendengaran yang membantu mendeteksi arah datangnya suara. Begitu pula dengan dua lubang hidung yang manusia miliki, tentunya memiliki fungsi maupun tujuan.

Baca juga: Benarkah Manusia Benapas Hanya dari Satu Lubang Hidung?

Lantas, kenapa manusia mempunyai dua lubang hidung dan apa saja kegunaannya?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, misteri tubuh manusia membahas lebih dalam mengenai dua lubang hidung yang kita punya.

Melansir Science Senin (29/8/2022), ahli saraf telah menemukan bukti bahwa dua lubang hidung dapat memperluas jangkauan aroma, yang bisa Anda cium.

Hal itu diungkapkan Noam Sobel, seorang ahli saraf di Stanford University, yang telah mempelajari topik ini selama 4 tahun.

Dia menjelaskan, di suatu pagi seorang rekannya berkata bahwa laju aliran yang bervariasi mungkin berarti lubang hidung mendeteksi bahan kimia yang berbeda.

Lantaran dirinya ragu akan gagasan tersebut, Sobel melakukan percobaan dengan meminta 20 orang dewasa yang sehat untuk mengendus campuran oktan dan carvone melalui satu lubang hidung pada satu waktu.

Kendati para sukarelawan tidak mengetahuinya, mereka selalu menghirup campuran yang sama.

Tapi itu sama sekali tidak seperti yang mereka pikirkan. Dalam studi yang dipublikasikan di jurnal Nature, Sobel melaporkan bahwa 17 subjek menggambarkan bau oktan yang lebih kuat ketika mereka menggunakan lubang hidung yang lebih tersumbat.

Bahkan mencium lebih banyak carvone melalui lubang hidung yang lebih jernih.

"Ini tidak seperti yang satu mencium bunga mawar dan yang lain mencium aroma ceri. Tapi saya pikir itu akan menjadi dasar dalam memahami indera penciuman," ungkap Sobel.

Dengan setiap lubang hidung mampu mendeteksi berbagai jenis bahan kimia, katanya, itu akan memperluas variasi bau yang bisa dideteksi.

Baca juga: Tak Banyak Diketahui, Ini Manfaat Bulu Hidung bagi Manusia

Ilustrasi hidungPEXELS/Elisa Guarneros Ilustrasi hidung

Setiap lubang hidung menarik jumlah oksigen yang berbeda

Seperti dikutip dari Encyclopedia Britannica, Senin (29/8/2022) hidung adalah indera penciuman, yang juga menghirup banyak oksigen.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com