Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/09/2022, 11:03 WIB
Mela Arnani,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dunia dihantam oleh gelombang infeksi penyakit menular Covid-19 yang disebabkan oleh SARS-CoV-2 atau virus corona, setelah virus yang diyakini berasal dari hewan ini melompat ke manusia.

Virus corona penyebab Covid-19 telah menyebabkan pandemi global, yang sempat meluluhlantakkan sistem kesehatan dan perekonomian dunia.

Penyakit akibat virus corona menyerang sistem pernapasan manusia. Kemudahannya menyebar antar manusia, membuat penyakit ini dengan gampangnya meluas, termasuk di Indonesia.

Baca juga: Terinfeksi Influenza dan Virus Corona Bersamaan, Apa Efek Florona pada Tubuh?

Kapan virus corona pertama kali masuk Indonesia?

Kasus Covid-19, pertama kali terdeteksi di Wuhan, China pada akhir Desember 2019. Penyakit tersebut dengan mudah menyebar ke seluruh bagian negara, bahkan negara-negara lain.

Hanya berselang beberapa bulan, pemerintah Indonesia melalui Presiden Joko Widodo (Jokowi), secara resmi mengumumkan adanya pasien pertama yang terinfeksi virus corona pada 2 Maret 2020.

Pengumuman pasien pertama ini, mengartikan bahwa virus corona telah resmi masuk di wilayah Indonesia.

Saat itu, pada hari Senin, 2 Maret 2020, Jowoki mengumumkan dua kasus pertama Covid-19, yang merupakan seorang ibu berusia 64 tahun dan putrinya yang berusia 31 tahun.

Diketahui bahwa kedua pasien ini tinggal di Depok, Jawa Barat. Salah satu dari kedua orang tersebut memiliki riwayat kontak dengan orang Jepang, yang ternyata positif terinfeksi Covid-19.

Baca juga: Virus Corona Bisa Bertahan Hidup Selama 30 Hari di Makanan Beku, Studi Jelaskan

Dikutip dari Kompas.com, 22 Maret 2022, penyebaran virus corona semakin luas, kasus ketiga dan keempat yang mempunyai riwayat kontak dengan kasus sebelumnya diumumkan pada 6 Maret 2022.

Sejak saat itu, perkembangan kasus Covid-19 di Tanah Air diumumkan setiap harinya, termasuk kasus kematian yang terjadi.

Kasus kematian pertama akibat infeksi Covid-19 di Indonesia secara resmi dilaporkan pada 10 Maret 2020, merupakan seorang wanita warga negara asing (WNA) berusia 53 tahun.

Wanita paruh baya ini memiliki riwayat penyerta atau komorbid, sehingga dapat dipastikan bahwa penyakit Covid-19 bukanlah penyebab utama meninggalnya pasien.

Selanjutnya infeksi virus corona menyebar ke-34 provinsi di Indonesia pada 9 April 2020, dengan provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Tengah menjadi provinsi yang paling terpapar corona di Indonesia.

Baca juga: Kasus Infeksi Melonjak, WHO: Virus Corona Masih Menyebar di Seluruh Dunia

Harga masker dan hand sanitizer

Sebelum diumumkan bahwa virus corona terdeteksi di Indonesia, kabar keganasan Covid-19 di negara lain telah menyebar luas.

Hal tersebut memunculkan kepanikan di tengah masyarakat, yang kemudian membuat berburu barang-barang yang dapat membantu mengurangi risiko penyebaran penyakit Covid-19 semakin meluas seperti masker, hand sanitizer, hingga  desinfektan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com