Kompas.com - 12/08/2022, 17:01 WIB

KOMPAS.com - Para peneliti dalam pengamatannya terhadap gorila di Kebun Binatang Atlanta, Georgia menemukan sesuatu yang menarik.

Mereka mengamati, bahwa gorila mengeluarkan suara khusus-seperti batuk dan bersin, untuk menarik perhatian penjaga kebun binatang saat mereka lapar.

"Kami mengamati gorila di kandang dan kami memperhatikan vokalisasi aneh yang terjadi pada waktu tertentu," kata Roberta Salmi, antropolog biologi di University of Georgia dan penulis utama studi ini.

Menurutnya, seperti dikutip dari Gizmodo, Kamis (11/8/2022) ia telah mempelajari gorila Barat di alam liar dan apa yang ia temukan dalam pengamatan tersebut bukan sesuatu yang pernah didengar sebelumnya.

Baca juga: Gorila Ternyata Juga Menjaga Jarak untuk Cegah Penyebaran Penyakit, Studi Temukan

Salmi dan penjaga kebun binatang Jodi Carrigan mulai curiga, bahwa vokalisasi yang tak biasa ini adalah upaya gorila untuk mendapatkan perhatian di dekatnya. Suara itu berpotensi untuk mengekspersikan keinginan mereka akan makanan.

Peneliti pun menyebut suara itu dengan 'snough' yang merupakan gabungan dari bersin (sneeze) dan batuk (cough).

Peneliti pun lantas merancang eksperimen untuk mengeksplorasi mengapa dan kapan gorila di penangkaran ini memproduksi suara itu.

Tim pun menggunakan camcorder dan mikrofon untuk mempelajari perilaku delapan gorila di Kebun Binatang Atlanta dalam tiga kondisi.

"Kondisi pertama, kami memberi gorila hanya makana,n sedangkan pada kondisi kedua gorila ditempatkan bersama penjaga. Lalu pada kondisi ketiga penjaga memegang makanan di tangannya," jalas Salmi.

Pada kondisi pertama dan ketiga, penjaga kebun binatang posisinya jauh dari kandang untuk memastikan, bahwa gorila harus mendapatkan perhatian mereka.

"Apa yang kami lihat adalah selama kondisi ketiga, gorila mengeluarkan suara yang sangat aneh itu. Semacam campuran antara batuk dan bersin dilakukan dengan mulut terbuka lebar. Itu sangat jarang terjadi pada kawanan gorila," terang Salmi.

Baca juga: Mengapa Gorila Sering Pukul Dada Sendiri, Ini Penjelasannya

Halaman:
Sumber Gizmodo
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.