Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/08/2022, 17:01 WIB
Monika Novena,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

Sumber Gizmodo

KOMPAS.com - Para peneliti dalam pengamatannya terhadap gorila di Kebun Binatang Atlanta, Georgia menemukan sesuatu yang menarik.

Mereka mengamati, bahwa gorila mengeluarkan suara khusus-seperti batuk dan bersin, untuk menarik perhatian penjaga kebun binatang saat mereka lapar.

"Kami mengamati gorila di kandang dan kami memperhatikan vokalisasi aneh yang terjadi pada waktu tertentu," kata Roberta Salmi, antropolog biologi di University of Georgia dan penulis utama studi ini.

Menurutnya, seperti dikutip dari Gizmodo, Kamis (11/8/2022) ia telah mempelajari gorila Barat di alam liar dan apa yang ia temukan dalam pengamatan tersebut bukan sesuatu yang pernah didengar sebelumnya.

Baca juga: Gorila Ternyata Juga Menjaga Jarak untuk Cegah Penyebaran Penyakit, Studi Temukan

Salmi dan penjaga kebun binatang Jodi Carrigan mulai curiga, bahwa vokalisasi yang tak biasa ini adalah upaya gorila untuk mendapatkan perhatian di dekatnya. Suara itu berpotensi untuk mengekspersikan keinginan mereka akan makanan.

Peneliti pun menyebut suara itu dengan 'snough' yang merupakan gabungan dari bersin (sneeze) dan batuk (cough).

Peneliti pun lantas merancang eksperimen untuk mengeksplorasi mengapa dan kapan gorila di penangkaran ini memproduksi suara itu.

Tim pun menggunakan camcorder dan mikrofon untuk mempelajari perilaku delapan gorila di Kebun Binatang Atlanta dalam tiga kondisi.

"Kondisi pertama, kami memberi gorila hanya makana,n sedangkan pada kondisi kedua gorila ditempatkan bersama penjaga. Lalu pada kondisi ketiga penjaga memegang makanan di tangannya," jalas Salmi.

Pada kondisi pertama dan ketiga, penjaga kebun binatang posisinya jauh dari kandang untuk memastikan, bahwa gorila harus mendapatkan perhatian mereka.

"Apa yang kami lihat adalah selama kondisi ketiga, gorila mengeluarkan suara yang sangat aneh itu. Semacam campuran antara batuk dan bersin dilakukan dengan mulut terbuka lebar. Itu sangat jarang terjadi pada kawanan gorila," terang Salmi.

Baca juga: Mengapa Gorila Sering Pukul Dada Sendiri, Ini Penjelasannya

Halaman:
Sumber Gizmodo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com