Kompas.com - 12/08/2022, 09:03 WIB

KOMPAS.com - Survei serologi atau sero survei untuk melihat kadar antibodi kembali dilakukan.

Hasil sero survei yang dilakukan pada Juli 2022 menunjukkan, ada peningkatan kadar antibodi SARS-CoV-2, antibodi Covid-19.

Survei itu dilakukan Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan (BKPK) Kementerian Kesehatan (Kemenkes), bersama peneliti dari Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Indonesia (UI).

Baca juga: Antibodi Covid Penduduk Pulau Jawa Meningkat 99,2 Persen, Apakah Sudah Bisa Jadi Endemi?

Dipaparkan oleh tim peneliti dari FKM UI, dr Iwan Ariawan, MSPH, kadar antibodi masyarakat Indonesia naik hingga empat kali lipat dari sero survei sebelumnya. Ia berkata, median kadarnya meningkat dari 444 U/mL menjadi 2.097 U/mL.

"Jadi yang pertama hasil dari sero survei ini menujukkan ada peningkatan proporsi penduduk yang mempunyai antibodi SARS-CoV-2 dari 87,8 persen pada Desember 2021 menjadi 98,5 persen pada Juli 2022," ujar Iwan dalam konferensi pers Serologi Survey Nasional Ketiga yang digelar Kemenkes, Kamis (11/8/2022).

Ia menambahkan, jumlah kadar antibodi saat ini jauh lebih besar dari jumlah yang memiliki antibodi pada Desember 2021 lalu.

Kendati demikian, bukan tidak mungkin masyarakat masih bisa terinfeksi virus corona penyebab Covid-19.

"Bukan berarti sudah memiliki antibodi, penduduk tersebut tidak bisa terinfeksi Covid. Tetap bisa terinfeksi Covid, tapi risiko untuk terjadinya Covid berat maupun meninggal jauh berkurang dengan adanya kadar antibodi yang tinggi," ungkapnya.

Sero survei ketiga

Dokter Iwan menjelaskan bahwa sero survei bulan Juli 2022, merupakan yang ketiga kalinya dilakukan oleh pemerintah dan FKM UI.

Adapun survei serologi yang pertama dilakukan pada Desember 2021 bersifat nasional, kemudian Maret 2022 khusus wilayah Jawa-Bali, dan kini Juli 2022 untuk seluruh wilayah Indonesia.

Sero survei yang dilakukan pada Juli 2022 mengunjungi kembali 84,5 persen dari 20.501 sampel terpilih pada periode Desember 2021.

"Karena sero survei ini mengunjungi responden yang sama, sehingga nanti bisa dilihat peningkatan dari kadar antibodinya," imbuhnya.

Baca juga: Hasil Sero Survei: 86,6 Persen Populasi Indonesia Sudah Miliki Antibodi Covid-19

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.