Kompas.com - 11/08/2022, 19:03 WIB

KOMPAS.com - Saat tren kasus Covid-19 pada anak-anak meningkat seperti sekarang ini, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengingatkan pentingnya disiplin protokol kesehatan bagi pihak sekolah, bahkan sampai petugas kantin.

Hal ini disampaikan oleh Juru Bicara (Jubir) Kementerian Kesehatan RI, dr Mohammad Syahril Sp.P, MPH usai Peluncuran YouTube PERIKSA di Jakarta, Rabu (10/8/2022).

Meningkatnya tren kasus infeksi pada anak-anak diduga kuat akibat adanya aktivitas atau mobilitas mereka saat Pembelajaran Tatap Muka (PTM).

"Ya enggak apa-apa PTM, tapi pihak sekolah harus benar-benar memberikan perhatian penuh, bahkan sampai petugas kantin juga harus patuh prokes juga untuk ini," jelasnya.

Baca juga: Tren Kasus Covid-19 pada Anak Sekolah Meningkat, Ini Penyebabnya Kata Epidemiolog

Hal ini perlu dilakukan, karena bukan hanya anak-anak sekolah yang beraktivitas selama PTM, tetapi juga pihak-pihak lain yang ada di lingkungan itu, termasuk kegiatan belajar-mengajar dengan guru maupun aktivitas jual beli di kantin sekolah.

Syahril menjelaskan, PTM masih tetap bisa dilaksanakan, meskipun angka kasus infeksi Covid-19 pada anak saat ini meningkat.

Dengan catatan, kata Syahril, murid-murid harus tetap diawasi protokol kesehatannya, seperti pemakaian masker, menjaga jarak aman, dan rutin mencuci tangan dengan baik.

Orangtua dan dewan guru, maupun berbagai pihak yang ada di lingkungan sekolah juga ikut bertanggung jawab menjadi pengawas dan memberikan pemahaman yang baik terhadap anak-anak mengenai hal ini.

Untuk diketahui, mencegah anak-anak dari potensi terinfeksi Covid-19 merupakan tanggung jawab banyak pihak dan akan menjadi sesuatu yang baik pula untuk semua pihak.

Sebab, anak-anak masih dalam kategori kelompok rentan untuk kondisi pandemi Covid-19 yang kasusnya masih terus meningkat saat ini.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.