Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/08/2022, 19:03 WIB
Ellyvon Pranita,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat tren kasus Covid-19 pada anak-anak meningkat seperti sekarang ini, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengingatkan pentingnya disiplin protokol kesehatan bagi pihak sekolah, bahkan sampai petugas kantin.

Hal ini disampaikan oleh Juru Bicara (Jubir) Kementerian Kesehatan RI, dr Mohammad Syahril Sp.P, MPH usai Peluncuran YouTube PERIKSA di Jakarta, Rabu (10/8/2022).

Meningkatnya tren kasus infeksi pada anak-anak diduga kuat akibat adanya aktivitas atau mobilitas mereka saat Pembelajaran Tatap Muka (PTM).

"Ya enggak apa-apa PTM, tapi pihak sekolah harus benar-benar memberikan perhatian penuh, bahkan sampai petugas kantin juga harus patuh prokes juga untuk ini," jelasnya.

Baca juga: Tren Kasus Covid-19 pada Anak Sekolah Meningkat, Ini Penyebabnya Kata Epidemiolog

Hal ini perlu dilakukan, karena bukan hanya anak-anak sekolah yang beraktivitas selama PTM, tetapi juga pihak-pihak lain yang ada di lingkungan itu, termasuk kegiatan belajar-mengajar dengan guru maupun aktivitas jual beli di kantin sekolah.

Syahril menjelaskan, PTM masih tetap bisa dilaksanakan, meskipun angka kasus infeksi Covid-19 pada anak saat ini meningkat.

Dengan catatan, kata Syahril, murid-murid harus tetap diawasi protokol kesehatannya, seperti pemakaian masker, menjaga jarak aman, dan rutin mencuci tangan dengan baik.

Orangtua dan dewan guru, maupun berbagai pihak yang ada di lingkungan sekolah juga ikut bertanggung jawab menjadi pengawas dan memberikan pemahaman yang baik terhadap anak-anak mengenai hal ini.

Untuk diketahui, mencegah anak-anak dari potensi terinfeksi Covid-19 merupakan tanggung jawab banyak pihak dan akan menjadi sesuatu yang baik pula untuk semua pihak.

Sebab, anak-anak masih dalam kategori kelompok rentan untuk kondisi pandemi Covid-19 yang kasusnya masih terus meningkat saat ini.

Berdasarkan data yang dilaporkan oleh Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 per 10 Agustus 2022, terjadi penambahan kasus mencapai 5.926 kasus selama 24 jam terakhir. 

Baca juga: Kasus Positif Covid-19 pada Anak Sekolah Meningkat, Ini Saran Epidemiolog

Dengan begitu, data total positif Covid-19 yang terdata adalah sebanyak 6.261.605 kasus. Data kasus Covid-19 ini diperbarui setiap hari.

Pencegahan infeksi Covid-19 pada anak-anak, bisa membantu mereka untuk tidak menyebarkan virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 kepada orang-orang lain di sekitarnya termasuk keluarganya di rumah.

 

Selain itu, Syahril juga mengingatkan, untuk mencegah dampak buruk jika anak-anak sampai terinfeksi, maka vaksinasi Covid-19 akan membantu anak-anak menghindari risiko kesakitan dan kematian akibat infeksi virus corona.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com