Kompas.com - 05/08/2022, 10:05 WIB

KOMPAS.com - Pada awal sejarah manusia, gua merupakan rumah dan memberikan perlindungan kepada orang.

Kini hal yang serupa bisa saja terjadi saat manusia mengeksplorasi Bulan. Peneliti dari University of California, menemukan Bulan memiliki lubang dengan area teduh yang stabil, sekitar 17 derajat Celcius, kisaran suhu yang stabil bagi manusia.

Lubang itu menurut peneliti merupakan lava tube alias lubang yang terbentuk, karena aliran lava. Ketika lava tube runtuh, itu akan membuka lubang yang berpotensi mengarah ke gua.

Baca juga: Korea Selatan Kirim Misi Pertamanya ke Bulan 2 Agustus, Apa Tujuannya?

Tempat itu yang pada akhirnya bisa menyediakan tempat berlindung bagi astronot yang mendarat di Bulan. Suhu yang mirip dengan Bumi pun bisa membuat eksplorasi dan durasi waktu tinggal manusia dalam jangka panjang di Bulan yang lebih aman.

Selain itu gua akan menjadi lingkungan yang stabil untuk habitat Bulan karena menawarkan perlindungan dari radiasi Matahari dan dampak mikrometeorit.

"Manusia berevolusi hidup di gua-gua, dan mungkin kita akan seperti itu lagi ketika hidup di Bulan," kata David Paige, rekan penulis studi.

Lubang-lubang tersebut menurut ilmuwan berada di wilayah Bulan yang bernama Mare Trangquilitatis. Tempat ini juga merupakan area pendaratan misi Apollo 11, misi pertama yang mengangkut manusia, karena medannya yang relatif datar.

Dikutip dari CNN, Kamis (4/8/2022) setelah ada pemahaman yang lebih baik tentang lubang dan gua potensial, para ilmuwan dapat mengambill langkah untuk membuat stasiun permanen yang terlindung dari kondisi ekstrem permukaan Bulan.

Sebagai informasi, suhu permukaan Bulan bisa memanas hingga 127 derajat Celsius pada siang hari dan turun menjadi minus 173 derajat Celcilus pada malam hari.

Suhu ekstrem di permukaan Bulan ini lah yang telah mempersulit NASA untuk membuat peralatan pemanas maupun pendingin yang beroperasi penuh untuk eksplorasi atau tinggal di Bulan dalam jangka panjang.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.