Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Permukaan Bulan yang Selalu Menghadap Bumi Selalu Sama?

Kompas.com - 08/06/2022, 16:30 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Permukaan Bulan yang selalu menghadap Bumi selalu sama. Hal tersebut disebabkan karena waktu rotasi dan revolusi Bulan terhadap Bumi hampir sama. Hal ini membuat Bulan seolah-olah hanya menghadap Bumi dengan sisi yang sama setiap saat.

Rotasi dan revolusi Bulan

Bulan adalah satelit alami Bumi yang berotasi terhadap porosnya sendiri juga berevolusi mengelilingi Bumi. Uniknya, rotasi Bulan sangat lambat dan hampir sama dengan waktu yang dibutuhkan untuk mengelilingi Bumi.

Waktu rotasi Bulan adalah 27,3 dari. Untuk memudahkan membayangkannya, kamu bisa melakukan percobaan berikut ini. Letakkan satu benda di tengah ruangan, misalnya bola atau meja. Hadapkan badanmu ke meja kemudian berjalan mengitari meja dengan memutar tubuhmu secara perlahan. Eksperimen tersebut akan menunjukkan bagaimana kita selalu melihat sisi Bulan yang sama setiap saat.

Walaupun begitu, kita bisa melihat sedikit bagian Bulan lainnya karena adanya librasi bulan. Librasi bulan adalah efek yang timbul akibat orbit Bulan terhadap Bumi yang sedikit miring terhadap Bumi. Ini akan membuat kita bisa melihat sedikit bagian permukaan Bulan lainnya.

Baca juga: Kenapa Bumi Hanya Memiliki Satu Bulan?

Kita pernah melihat bagian belakang Bulan

Para ilmuwan berhasil menangkap gambar bagian belakang Bulan pada tahun 1959. Misi ini dilakukan oleh pesawat ulang alik tanpa awak yang bernama Luna 3. Tujuan dari Luna 3 adalah menangkap sisi lain dari Bulan yang tidak pernah kita lihat.

Luna 3 berhasil menangkap gambar Bulan menggunakan Yenisey-1 Photographic-TV Imaging System. Sebanyak 70 persen bagian dari belakang Bulan berhasil ditangkap.

Pada sisi belakang Bulan ditemukan bahwa daratan di sana bergunung-gunung. Selain itu, gambar menunjukkan bahwa bagian Bulan tersebut memiliki dua area gelap. Dua area ini kemudian diberi nama Mare Moscovrae (Laut Moskow) dan Mare Desiderii (Laut Mimpi).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com