Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER SAINS] Cara Membasmi Kecoak | 2 Strain Cacar Monyet Ditemukan | Kemungkinan Alien Nongkrong di Katai Putih

Kompas.com - 08/06/2022, 07:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Kecoak adalah serangga pengganggu di rumah yang dapat menyebabkan penyakit. Cara membasmi kecoak menjadi salah satu berita populer Sains sepanjang Selasa (7/6/2022). 

Serangga ini dapat membawa penyakit berbahaya yang disebabkan oleh bakteri Salmonella, Staphylococcus, Streptococcus, hingga E.coli.

Cacar monyet masih menjadi penyakit yang terus diawasi. Peneliti di Amerika Serikat melaporkan strain berbeda dari virus penyebab cacar monyet atau monkeypox. 

Otoritas kesehatan di Amerika Serikat (AS) melaporkan adanya temuan dua strain cacar monyet yang berbeda di negaranya.

Hasil itu diungkapkan berdasarkan analisis genetik dari kasus cacar monyet.

Studi baru mengungkapkan jika alien itu memang benar-benar ada dan kemungkinan terbesar mereka akan nongkrong atau berkumpul di bola Dyson.

Bola Dyson ini mengelilingi bintang kecil yang sudah tidak bersinar lagi yang disebut katai putih, dan tersebar di seluruh Bima Sakti.

Berita populer Sains lainnya berkaitan dengan hepatitis akut misterius yang masih menghantui anak-anak. 

Hepatitis akut misterius yang belum diketahui penyebabnya, masih diselidiki oleh para ahli di seluruh dunia. Pasalnya, penyakit ini bukan disebabkan dari infeksi virus hepatitis A, B, C, D, dan E.

Berikut beberapa rangkuman berita populer Sains sepanjang Selasa (7/6/2022) hingga Rabu (8/6/2022) pagi. 

Cara membasmi kecoak di rumah

Kecoak adalah serangga yang dapat membawa banyak penyakit. Ahli entomologi bersertifikat dengan Arrow Exterminators Scot Hodges mengatakan, air liur dan kotoran kecoak mengandung protein alergen.

“Ini menyebabkan alergi dan meningkatkan gejala asma terutama pada anak-anak,” kata Hodges seperti dikutip dari Forbes, Senin (6/6/2022).

Kecoak dapat menyebarkan penyakit-penyakit ke setiap sudut ruang, terlebih serangga ini tertarik pada sisa makanan, sehingga menjaga kebersihan rumah menjadi garis pertahanan pertama jika ingin hidup jauh dari kecoak.

Serangga ini juga dapat berkembang biak dengan cepat, sehingga jika menemukannya di rumah, mungkin tidak hanya ada satu atau dua ekor.

Lantas, bagaimana cara membasmi kecoak di rumah

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com