Kompas.com - 29/06/2022, 21:01 WIB

KOMPAS.com - Konsep diet adalah menjaga pola makan yang baik, bukan membatasi makan. Karena itu, Anda perlu mengetahui nutrisi dan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Dokter Spesialis Gizi Halodoc dr Shiela Stefani M.Gizi, Sp.GK, AIFO-K, FINEM mengatakan, diet yang baik bukan diet yang membatasi makanan, tetapi mengatur pola makan dengan baik dan bijak agar tubuh sehat.

Diet itu sebenarnya harus dilakukan oleh semua orang. Karena apa? arti diet itu sendiri adalah mengatur pola makan untuk mencapai tujuan tertentu,” kata Shiela dalam acara Peluncuran “HaloDiet” dari Halodoc, Selasa (14/6/2022).

Baca juga: Bukan Hanya untuk Orang Gemuk, Diet Penting Dilakukan Semua Orang

“Jadi diet yang sehat ya memperhatikan jumlah jenis dan jadwal makannya,” tambahnya.

Shiela menjelaskan, agar diet yang Anda lakukan bisa berhasil, penting untuk melakukannya secara sehat dengan kunci 3J, yaitu Jadwal, Jenis, dan Jumlah konsumsi makan Anda sehari-hari. Berikut penjelasan rincinya.

Jadwal makan

Jika Anda ingin diet  sehatyang dijalani berhasil, hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah jadwal makan yang teratur.

Shiela menjelaskan, jadwal makan yang teratur ini diperlukan, karena bisa membantu membiasakan tubuh untuk makan secukupnya, tidak berlebihan karena terlalu kelaparan.

"Misalnya, kita sebenarnya sudah bangun tidur di pagi hari, tetapi sengaja tidak sarapan dan baru makan saat sudah siang, maka pada saat siang itu kadar gula darah kita sudah menurun dan lapar kita sudah memuncak," jelasnya.

"Alhasil saat makan siang pada kondisi tersebut, sangat mungkin kita kalap dan makan dengan porsi yang berlebihan," imbuh Shiela.

Ia melanjutkan, pada saat berlebihan tersebut, maka hormon dan gula darah, serta insulin akan naik. Jika ini terjadi terus menerus akan meningkatkan risiko penyakit kencing manis.

Ia pun mengatakan, jadwal teratur juga tidak harus makan pagi jam 8 dan makan malam jam 8.

“Jadwalnya dibuat yang paling nyaman untuk kebiasaan kita ya,” kata dia.

Sebab, ada saja beberapa profesi yang justru harus bekerja saat malam hari dan akan sulit jika harus pantang makan saat malam hari sampai pagi harinya.

Untuk itu, setidaknya jadwal teratur adalah 3 kali makan besar (makanan pokok berupa karbohidrat, serat, protein, lemak, mineral dan vitamin) dan 2-3 kali camilan ringan, dengan pilihan lebih baik adalah konsumsi buah dan sayur.

Sarapan sebaiknya dilakukan sampai batas jam 9 dan upayakan tidak melewatkan jadwal sarapan Anda.

Melewatkan sarapan bisa menyebabkan tubuh menjadi lesu, letih dan bisa membuat Anda terlampau kelaparan, sehingga berisiko makan berlebihan pada jadwal makan siang atau makan malam.

Baca juga: Jangan Asal Diet, Ketahui Dulu Kebutuhan Nutrisi Tubuh

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.