Kompas.com - 23/06/2022, 16:02 WIB

KOMPAS.com - Monyet-monyet yang hidup di Taman Wisata Air Wendit disebut berkeliaran di sekitar permukiman warga. Tawuran ratusan monyet akibat makanan langka menyebabkan kerusakan pada rumah warga. 

Diberitakan Kompas.com, 27 Mei 2022 lalu, ratusan monyet berkeliaran di perkampungan warga di Dusun Mendit Barat, Desa Mangliawan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Warga setempat pun resah akibat serangan para monyet tersebut. Pasalnya, genteng rumah warga kerap pecah saat ada monyet menjatuhkan badannya ke atap rumah.

Taman Wisata Air Wendit merupakan habitat bagi monyet ekor panjang, di mana lokasinya berdampingan dengan rumah warga.

Monyet di Taman Wisata Air Wendit dikabarkan berkeliaran karena kekurangan makanan, sehingga mencari makan di sekitar tempat tinggal warga.

Namun, Pengelola Unit Pelaksana Teknis (UPT) Wisata Air Wendit, Widodo, membantah hal itu karena pihaknya rutin memberi makan monyet yang ada di area perhutanan Wisata Air Wendit.

Baca juga: Monyet Salju Jepang Cari Makan dengan Memancing, Studi Jelaskan

Widodo justru menduga, ratusan monyet Taman Wisata Air Wendit yang berkeliaran ke area permukiman akibat warga sekitar kerap memberi makan.

"Awalnya diberi makan oleh warga. Karena monyet ini mungkin merasa nyaman, sehingga sering berkeliaran ke sana," katanya.

Menanggapi monyet berkeliaran di Taman Wisata Air Wendit berkeliaran di rumah warga, Kepala Pusat Studi Satwa Primata Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Institut Pertanian Bogor (IPB), Drh Huda Shalahudin Darusman MSi Ph.D, angkat bicara.

Menurut dua, secara umum monyet ekor panjang (Macaca fascicularis) merupakan hewan yang hidup secara berkelompok. 

Primata ini memiliki hierarki, yang kemungkinan membuat beberapa ekor monyet di taman wisata tersebut tidak mendapatkan makanan di dalam kelompoknya.

"Jadi ada beberapa (monyet) yang mendapatkan makanan paling banyak karena dia dominan," ucap Huda saat dihubungi Kompas.com, Kamis (23/6/2022).

Baca juga: 3 Monyet Surili Berkeliaran di Perumahan Warga, Ahli Jelaskan

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.