Kompas.com - 01/12/2021, 09:02 WIB
Ilustrasi monyet salju Jepang. Studi baru ungkap monyet salju Jepang yang hidup di tempat terdingin di dunia, bertahan hidup dengan memancing ikan. Yosemite via WIKIMEDIA COMMONSIlustrasi monyet salju Jepang. Studi baru ungkap monyet salju Jepang yang hidup di tempat terdingin di dunia, bertahan hidup dengan memancing ikan.


KOMPAS.com - Monyet salju (Macaca fuscata) merupakan hewan yang tinggal di salah satu tempat terdingin di dunia, seperti di pegunungan di Jepang.

Mereka biasanya ditemui di pulau-pulau utama Jepang, seperti di daerah Kamikochi di Taman Nasional Chubu Sangaku di Pegunungan Jepang.

Di samping dingin yang menggigit, monyet-monyet ini harus berhadapan dengan keterbatasan makanan lantaran kondisi tempat hidup mereka yang bersalju.

Ini tentunya akan jadi masalah ketika mereka tak dapat menemukan makanan favoritnya, kehabisan energi hingga kematian karena kelaparan bisa menjadi akhir cerita bagi si monyet salju.

Untung saja aliran air tanah tetap mengalir selama musim dingin dengan suhu air konstan sekitar 5 derajat Celsius.

Baca juga: 3 Monyet Surili Berkeliaran di Perumahan Warga, Ahli Jelaskan

 

Hal itu membuat monyet salju Jepang akhirnya bisa mencari makanan alternatif untuk bertahan hidup.

Monyet-monyet itu rupanya 'pergi memancing' atau dengan kata lain mengambil hewan-hewan seperti ikan trout cokelat dari aliran sungai tersebut.

Mengutip Phys, Selasa (30/11/2021) kesimpulan tersebut di dapat setelah peneliti menemukan sisa-sisa trout cokelat dalam sampel kotoran moyet Jepang itu.

Studi tentang monyet Salju Jepang cari makan dengan memancing ini dilakukan para peneliti yang dipimpin para ahli dari University of Birmingham.

Dalam studi tersebut, para penelitui kemudian melakukan analisis lanjutan pada sampel tinja untuk menentukan diet musim dingin monyet Salju Jepang.

Baca juga: Baru Ditemukan, Spesies Monyet Asal Myanmar Hadapi Kepunahan

Halaman:


Video Pilihan

Sumber PHYSORG
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.