Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Air Kencing Bisa Menyembuhkan Sakit Mata? Ini Kata Ahli

Kompas.com - 21/06/2022, 20:30 WIB
Zintan Prihatini,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Pengobatan tradisional masih menjadi salah satu pilihan yang banyak digunakan oleh sebagian orang. Salah satunya ada kepercayaan kalau sakit mata bisa diobati dengan air kencing sendiri yang dikeluarkan pada saat bangun tidur di pagi hari.

Lantas, apakah air kencing bisa menyembuhkan sakit mata?

Dokter dari University of Ilorin Teaching Hospital (UITH), Mohammed Abullahi membantah anggapan bahwa air kencing obati sakit mata.

Sebab, kata dia, mengobati infeksi mata dengan urine manusia justru berisiko menyebabkan kebutaan.

Obat mata tradisional dengan memasukkan urine ke dalam mata dapat menyebabkan konsekuensi yang fatal ketika digunakan oleh pasien dengan gonore,” ujarnya seperti dilansir dari Premium Times, Kamis (6/10/2016).

Baca juga: Selain Delirium, Sakit Mata Termasuk Gejala Baru Covid-19

 

Dokter dari Nelson Mandela School of Medicine, di Durban, Afrika Selatan, Carina Slazus MD, pun mengungkapkan hal senada terkait bahaya memasukkan urine atau air kencing ke dalam mata, terutama pada mereka yang memiliki gonore.

“Saya bekerja di rumah sakit mata rujukan tempat kami menerima banyak pasien dari daerah pedesaan dan perkotaan Provinsi Natal. Kami cenderung melihat kasus sporadis konjungtivitis gonokokal," ungkap Slazus.

"Ketika pasien menggunakan air seni sebagai obat mata tradisional pasien datang dengan sekret purulen, edema kelopak mata dan kemosis,” sambungnya. 

Slazus menemukan bahwa delapan mata dari lima pasien yang datang ke rumah sakit tempatnya bekerja di Afrika Selatan, datang dengan keratokonjungtivitis.

Keratokonjungtivitis adalah sakit mata gabungan dari peradangan kornea (keratitis) dan peradangan konjungtiva parah karena Neisseria gonorrhea, bakteri penyebab penyakit gonore, yang berasal dari air kencing orang dengan gonore.

Baca juga: Mengenal Raccoon Eye, Kondisi Memar di Sekitar Kedua Mata

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com