Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Macam Gigi Paus, Gigi dan Balin, Begini Perbedaannya

Kompas.com - 20/06/2022, 20:45 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comGigi paus ternyata bervariasi sesuai dengan spesies dan fungsi masing-masing. Gigi paus terbagi menjadi dua macam, gigi dan balin. Berikut perbedaan kedua fungsi dan spesies yang memilikinya.

Paus balin

Paus balin adalah sebutan yang digunakan untuk sekitar 15 spesies paus yang memiliki balin sebagai giginya. Balin bukan berbentuk seperti gigi. Balin lebih mirip seperti sisir yang berfungsi untuk menyaring makanan yang berukuran kecil dari air laut.

Fungsi balin

Cara paus balin makan adalah dengan melahap langsung hewan-hewan kecil, seperti udang, plankton, dan ikan kecil bersama dengan air laut. Balin ini akan menjadi saringan untuk mengeluarkan sisa air laut, namun tetap menangkap hewan-hewan kecil tersebut untuk menjadi santapan paus.

Balin terbuat dari keratin yang terus tumbuh sepanjang hidupnya, sama halnya seperti rambut dan kuku manusia. Paus memiliki sekitar 150 sampai 400 balin pada rahangnya. Warna balin biasanya berwarna krem, coklat muda, atau hitam.

Panjang balin juga bervariasi berdasarkan spesiesnya. Misalnya paus biru memiliki balin sepanjang 1 meter,paus bungkuk memiliki balin dengan panjang 90 sentimeter, sedangkan balin paus tombak hanya 30 sentimeter saja.

Spesies paus yang memiliki balin

Berikut ini adalah beberapa spesies paus yang memiliki balin:

  • Paus biru
  • Paus sirip
  • Paus bungkuk
  • Paus sei
  • Paus bryde
  • Paus omura
  • Paus tombak atau paus minke

Paus bergigi

Terdapat sekitar 70 sampai 73 jenis panus yang memiliki gigi seperti hewan pada umumnya. Walaupun begitu, gigi pada paus bergigi bukan berfungsi untuk mengunyah mangsa seperti fungsi gigi pada umumnya.

Fungsi gigi paus

Paus bergigi umumnya adalah pemburu. Mereka makan dengan cara memburu dan menangkap mangsanya. Gigi paus berfungsi untuk menangkap mangsanya tersebut dan mangsanya akan ditelan bulat-bulat. Jadi, paus tidak menggunakan giginya untuk mengunyah atau mengoyak makanannya.

Gigi paus mirip dengan gigi makhluk hidup lainnya yang penyusun utamanya adalah dentin yang terbuat dari mineral dan kolagen. Namun, gigi paus sangat unik karena potongan penampangnya menunjukkan garis-garis lapisan yang menunjukkan usia paus. Hal ini kita temukan serupa pada batang pohon. Semakin banyak lingkar cincin atau lapisan, maka usianya semakin bertambah.

Baca juga: Tubuhnya Sangat Besar, Apakah Hiu Paus Berbahaya bagi Manusia?

Spesies paus bergigi

Berikut ini merupakan jenis paus yang memiliki gigi

  • Paus sperma
  • Paus orca atau paus pembunuh
  • Paus beluga
  • Paus hidung botol
  • Paus pilot

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com