Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Isu Inseminasi Buatan dalam Drakor Woori The Virgin, Apa Itu?

Kompas.com - 11/05/2022, 11:02 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Drama Korea (Drakor) Woori The Virgin menjadi ramai diperbincangkan. Salah satu isu menarik yang diangkat dalam cerita drama tersebut adalah soal inseminasi buatan.

Woori the Virgin diadaptasi dari serial Amerika Jane The Virgin. Drakor ini menceritakan kisah seorang perempuan bernama Oh Woo Ri (Im Soo Hyang), yang ketat menjaga kesuciannya sebelum menikah.

Woori selama ini melindungi dirinya dari sentuhan laki-laki dan masih perawan karena tidak pernah berhubungan seks dengan orang lain.

Namun, ternyata Woori harus berakhir hamil setelah inseminasi buatan yang tidak sengaja selama pemeriksaan medis.

Apa itu inseminasi buatan?

Baca juga: Kelebihan Teknik Inseminasi Buatan dalam Dunia Peternakan

Seperti dalam tayangan drama Korea Woori the Virgin, inseminasi buatan adalah teknik pembuahan yang dilakukan dengan cara memasukkan sperma terbaik yang telah diseleksi dari sekian banyak sperma menggunakan alat sejenis kateter.

Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi, dr RA Sita Daniswati Utari SpOG yang berpraktik di RS Mayapada Kuningan dan Klinik Morula IVF RS Betsaida Serpong menjelaskan, teknik inseminasi buatan ini membantu sperma mencapai rahim atau saluran indung telur pada masa ovulasi wanita.

Dalam pelaksanaannya, sperma terpilih tersebut akan dibantu terjadinya pembuahan yang berujung dengan kehamilan, tanpa pasangan tersebut melakukan hubungan seks.

"(Inseminasi buatan ditargetkan) agar pasangan suami istri dapat dengan cepat mendapatkan momongan yang dengan cara alami sulit karena beberapa kelainan ringan," kata dr Sita Danis kepada Kompas.com, Selasa (10/5/2022).

Baca juga: Simba, Si Anak Singa Pertama yang Lahir dari Inseminasi Buatan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com