Ketahui Penyebab Perut Buncit pada Perempuan dan Bahayanya bagi Tubuh

Kompas.com - 28/03/2022, 19:01 WIB

KOMPAS.com - Perut buncit atau penumpukan lemak di perut kerap kali menimbulkan ketidaknyamanan, bahkan bisa menurunkan rasa percaya diri perempuan.

Seperti dilansir dari Mayo Clinic, Jumat (12/3/2021) penyebab perut buncit pada perempuan dikarenakan beberapa faktor termasuk jumlah kalori yang dikonsumsi, jumlah kalori yang dibakar, dan usia.

Apabila Anda lebih banyak makan dan jarang berolahraga, maka dapat mengalami kelebihan berat badan ataupun perut buncit.

Penyebab lainnya yaitu berkurangnya massa otot, seiring bertambahnya usia sementara lemak di dalam tubuh meningkat.

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Perut Buncit Tanpa Olahraga demi Bebas Penyakit

Sehingga, hilangnya massa otot ini membuat tubuh sulit untuk mempertahankan berat badan yang sehat dan ideal. Bagi perempuan, perut buncit pun bisa disebabkan karena menopause, sebab lemak tubuh cenderung bergeser ke perut.

Penumpukan lemak di perut ini juga bisa diakibatkan penurunan tingkat estrogen, yang tampaknya mempengaruhi distribusi lemak di dalam tubuh.

Sejumlah penelitian menemukan, bahwa perut buncit bisa sangat berbahaya bagi kesehatan, dan dapat menimbulkan berbagai macam penyakit, meski berat badan yang dimiliki normal ataupun kurus. Beberapa penyakit yang berisiko dialami karena penumpukan lemak antara lain:

  • Penyakit jantung
  • Diabetes tipe 2
  • Tekanan darah tinggi
  • Kolesterol tidak normal
  • Masalah sistem pernapasan

Beberapa penelitian juga menunjukkan, ketika wanita dianggap memiliki berat badan normal berdasarkan pengukuran indeks massa tubuh (BMI) standar, kondisi perut buncit dapat meningkatkan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular.

Tanda-tanda perut buncit

Anda dapat mengukur lingkar perut, untuk mengetahui apakah telah terjadi penumpukan lemak dengan cara:

  • Berdiri dan letakkan pita pengukur di sekitar perut, tepat di atas tulang pinggul.
  • Lalu, tarik pita pengukur sampai pas di sekitar perut, dan tidak menekan kulit. Pastikan pula pita pengukur rata di sekelilingnya.
  • Rileks dan embuskan napas, kemudian ukur pinggang.

Pada perempuan, ukuran pinggang lebih dari 89 cm menunjukkan konsentrasi lemak perut yang tidak sehat, yang pada akhirnya berisiko tinggi memicu masalah kesehatan.

Baca juga: Halo Prof! Benarkah Sit Up Setiap Hari Bisa Kecilkan Perut Buncit?

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.