Ilmuwan Temukan Kerajaan 4 Spesies King Cobra di Wilayah Asia, Salah Satunya Indonesia

Kompas.com - 28/03/2022, 09:03 WIB
Zintan Prihatini,
Bestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Sekelompok ilmuwan menyebut telah berhasil menemukan kerajaan king cobra (Ophiophagus hannah), di berbagai wilayah tropis di Asia. Kerajaan king cobra tersebut membentang dari Indonesia hingga India.

Para ilmuwan mengungkapkan, bahwa lingkungan kerajaan king cobra tidak hanya dikuasai oleh satu spesies, melainkan terdapat beberapa spesies ular cobra yang berbeda.

Adapun temuan ini diungkapkan dalam studi yang dipublikasikan di jurnal Molecular Phylogenetics and Evolution pada September 2021 lalu.

"Keberadaan beberapa spesies king cobra mengejutkan karena mereka terlihat mirip, berbagi habitat yang sama, menunjukkan perilaku yang serupa," ungkap rekan penulis studi dari Indian Institute of Science di Bangalore, Kartik Shanker.