Kompas.com - 12/11/2020, 20:06 WIB
dr. Ferdy Iskandar
Dokter Umum
RS Pondok Indah ? Puri Indah RS Pondok Indahdr. Ferdy Iskandar Dokter Umum RS Pondok Indah ? Puri Indah

KOMPAS.com - Penumpukan lemak yang berlebih, khususnya di area perut, tidak hanya menurunkan kepercayaan diri tetapi juga berbahaya bagi kesehatan. Hal ini dialami oleh seorang pembaca Kompas.com bernama Nia Chandra yang mengirimkan pertanyaan ke Halo Prof!:

"Mau tanya Prof, benarkah sit up setiap hari dapat mengecilkan perut yang buncit? Bagaimana cara mengecilkan perut buncit ya, Prof?"

Pertanyaan ini dijawab oleh dr. Ferdy Iskandar, Dokter Umum RS Pondok Indah – Puri Indah. Berikut paparannya:

Halo Ibu Nia.

Perut buncit dapat sangat sulit untuk dikecilkan. Bagi kebanyakan orang, lemak kerap terlihat paling banyak di daerah perut. Bukan hal yang tidak mungkin untuk mengecilkan perut buncit, namun hal ini membutuhkan kesabaran yang ekstra.

Baca juga: Cara Makan Nasi Padang Saat Diet Turunkan Berat Badan

Melakukan sit up dengan intensitas sedang selama 10 menit tanpa istirahat dapat membakar sekitar 60 kalori. Namun demikian, hanya dengan melakukan sit up setiap hari, tidak dapat secara langsung mengecilkan perut yang buncit. Pola makan, jenis makanan yang dikonsumsi, aktivitas harian, dan kualitas tidur juga menentukan dalam proses mengecilkan perut buncit.

Untuk melakukan sit up, dimulai dengan tidur terlentang dan lutut menekuk, kaki ditaruh rata di lantai. Letakkan kedua tangan Anda menyilang di depan dada Anda, atau kunci kedua tangan Anda di belakang kepala.

Tekuk tubuh Anda ke depan, dengan bokong dan kaki Anda tetap pada posisinya. Angkat tubuh Anda hingga perut Anda hampir menyentuh lutut. Setelahnya, kembalikan tubuh Anda ke posisi awal, yaitu menurunkan badan Anda kembali ke lantai.

Saat Anda melakukan repetisi sit up, pastikan Anda tidak menarik kepala untuk memulai gerakan ini. Upayakan tetap ada jarak antara dagu dengan dada Anda. Selain itu, hindari menggunakan momentum untuk melakukan gerakan ini. Apabila Anda menyadari bahwa kaki Anda terangkat dari lantai, maka Anda mungkin menggunakan momentum.

Baca juga: Daftar Buah-buahan Terbaik dan Terburuk Saat Diet Turunkan Berat Badan

Ketika melakukan sit-up, kencangkan selalu otot perut (core) Anda, supaya menghindari cedera di area punggung bawah. Lakukan sit up dengan perlahan, supaya otot-ototnya bekerja dengan optimal.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.