Kompas.com - 07/11/2020, 19:05 WIB
Ilustrasi makanan padang. Dok. Shutterstock/ Ariyani TedjoIlustrasi makanan padang.

KOMPAS.com - Selain mi instan, salah satu kuliner favorit orang Indonesia lainnya adalah nasi padang. Membayangkan nikmatnya saja sudah cukup untuk membuat kelenjar air liur bekerja.

Namun, bagaimana bila kita sedang menjalani program diet turunkan berat badan, masih bolehkah mengonsumsi nasi padang? Apakah sesuap nasi padang saja sudah bisa membuat program diet gagal?

Kompas.com menanyakan hal ini kepada dr. Yohan Samudra, Sp.GK, Dokter Spesialis Gizi Klinik dari Primaya Hospital Tangerang.

Dalam pesan singkat yang diterima Sabtu (7/11/2020); dr Yohan berkata bahwa orang yang sedang menjalani program diet masih boleh memakan nasi padang bila masuk dalam batas kalori hariannya.

Baca juga: Diet Ramah Bagi Penderita Maag, Apa yang Harus Dimakan?

"Tidak langsung menggagalkan dietnya," ujarnya.

Pasalnya, jumlah total kalori harian dan mingguanlah yang akan menentukan, apakah berat badan seseorang itu naik atau turun.

Namun, memang nasi padang memiliki jumlah kalori dan lemak jenuh yang tinggi sehingga perlu dibatasi jumlahnya, terutama saat sedang menjaga berat badan.

"Nasi padang yang dibungkus bisa sampai 800-900 kalori, sedangkan yang di piring (makan di tempat) sekitar 600-700 kalori," ujar dr Yohan.

Cara makan nasi padang saat diet

Bagi yang sedang berdiet, dr Yohan pun menyarankan untuk membatasi kalori nasi padang yang ada konsumsi di kisaran 500 kkal.

Untuk mendapatkan kisaran kalori ini, porsi nasi yang dianjurkan adalah sebesar kepalan tangan.

Baca juga: Waspadai 5 Makanan Jebakan Saat Diet, dari Kacang Almond hingga Madu

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.