Daftar Buah-buahan Terbaik dan Terburuk Saat Diet Turunkan Berat Badan

Kompas.com - 27/10/2020, 12:31 WIB
Ilustrasi buah firinaIlustrasi buah

KOMPAS.com - Ketika sedang berdiet, banyak orang menganggap bahwa buah bisa dimakan sepuasnya karena tidak akan membuat berat badan naik dan diet gagal.

Namun, benarkah demikian? Bagaimana cara mengonsumsi buah yang benar saat sedang berupaya menurunkan berat badan?

Kompas.com menanyakan hal ini kepada dr. Juwalita Surapsari, M. Gizi, Sp.GK, dokter spesialis gizi klinik, yang berpraktik di RS Pondok Indah – Pondok Indah.

Dalam jawaban yang diterima Kamis (22/10/2020); dr Juwalita menjelaskan bahwa buah sebaiknya dikonsumsi sebelum makanan utama (meal course).

Baca juga: Diet Rendah Karbohidrat, DEBM hingga Keto, Amankah untuk Turunkan Berat Badan?

"Karena buah termasuk memiliki densitas kalori yang rendah sehingga sudah akan memenuhi kapasitas lambung lebih dulu dan kita sudah merasa kenyang," ujarnya.

Meski demikian, tidak semua buah memiliki densitas kalori yang sama, sehingga ada beberapa buah yang lebih dianjurkan oleh dr Juwalita untuk orang yang berdiet.

Buah-buahan yang dianjurkan ini adalah pepaya, melon, buah naga, nanas, apel, pir dan jambu biji.

Sebaliknya, buah-buahan yang tidak dianjurkan oleh dr Juwalita adalah pisang, mangga, durian, rambutan dan kelengkeng.

Hal ini karena buah-buahah tersebut memiliki densitas kalori lebih tinggi daripada buah lain dan beberapa bahkan mengandung kadar gula yang tinggi.

Baca juga: Halo Prof! Mitos atau Fakta, Buah Salak Bikin Sembelit?

Berikut adalah kalori masing-masing buah yang tidak dianjurkan per 100 gram sajiannya:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X