Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Menghilangkan Perut Buncit Tanpa Olahraga demi Bebas Penyakit

Kompas.com - 23/11/2021, 18:03 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

Sumber WebMD

KOMPAS.com - Pada orang dengan berat badan berlebih, biasanya lemak menumpuk di sekitar bagian tengah tubuh mereka, sehingga menyebabkan perut buncit.

Padahal, dikatakan Tammy Lakatos Shames, RD, pelatih pribadi bersertifikat dan bagian dari The Nutrition Twins, tumpukan lemak di area perut dikaitkan dengan risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, dan stroke yang lebih tinggi.

"Kelebihan lemak di sekitar pinggul dan paha biasanya tidak berbahaya," ujar Shames.

Baca juga: Halo Prof! Benarkah Sit Up Setiap Hari Bisa Kecilkan Perut Buncit?

Lemak ekstra di sekitar perut -- yang dikenal sebagai lemak visceral -- terletak jauh di sekitar organ vital perut dan secara aktif tumbuh subur mengganggu hormon dan bahan kimia internal yang memengaruhi kesehatan kita.

Demi terhindar dari berbagai penyakit, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan perut buncit dan lemak visceral.

1. Mengelola stres

Stres kecil dalam hidup sebenarnya meningkatkan produksi kortisol otak, hormon melawan-atau-lari yang berguna ketika kita, seperti, tinggal di gua.

Tapi saat ini, karena Anda tidak menghadapi bahaya, maka kortisol hanya menyebabkan tumpukan lemak ekstra di perut, daripada membantu Anda berlari lebih cepat dari harimau bertaring tajam.

Lyssie Lakatos, ahli diet terdaftar dan pelatih pribadi dari The Nutrition Twins merekomendasikan untuk melakukan kegiatan seperti yoga atau pernapasan dalam, untuk membantu meredakan stres dan mengurangi kecemasan.

"Yoga atau latihan pernapasan, mengaktifkan sistem saraf parasimpatis tubuh untuk membantu Anda rileks secara otomatis," kata Lakatos.

2. Makan makanan yang mengandung probiotik

Mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik alias bakteri "baik" dapat membantu mengurangi perut kembung yang disebabkan oleh melimpahnya flora "jahat" di usus Anda.

Dalam keadaan kembung, perut biasanya akan lebih buncit.

"Minum susu dengan probiotik akan membantu meringankan masalah pencernaan yang dapat menyebabkan kembung," kata Lakatos.

Selain itu, tambahkan makanan yang merupakan sumber probiotik yang baik untuk asupan harian Anda, seperti yoghurt. Pastikan untuk memilih yoghurt yang mengandung probiotik hidup dan aktif.

Baca juga: Stres Bisa Bikin Perut Buncit, Begini Cara Mengatasinya


Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com