Belajar dari Bintang Film Avengers: Endgame William Hurt, Ini Cara Mencegah Kanker Prostat

Kompas.com - 14/03/2022, 19:01 WIB

KOMPAS.com - Kabar duka datang dari dunia Hollywood, aktor William Hurt meninggal dunia pada Minggu (13/3/2022), kemarin.

Aktor dalam film populer seperti Captain America: Civil War, Avengers: Infinity War, Avengers: Endgame, dan Black Widow ini sempat mengalami kanker prostat terminal pada tahun 2018.

Sebagai informasi, kanker stadium terminal adalah tingkat paling parah dari penyakit kanker yang sudah tidak bisa diobati hingga sembuh.

“Dia (William Hurt) meninggal dengan damai, di antara keluarga, karena penyebab (kematian) alami. Keluarga meminta privasi saat ini," ujar perwakilan keluarga dilansir dari Independent, Senin (14/3/2022).

Baca juga: Mengenal Apa Itu Kanker Prostat, Penyakit yang Diidap SBY

Kanker prostat adalah salah satu kanker paling umum yang biasanya dialami oleh pria.

Menurut American Cancer Society (ACS) kanker prostat menjadi penyebab kematian kedua, setelah kanker paru-paru di antara pria di Amerika Serikat.

Kendati kanker prostat yang dialami William Hurt tidak dapat dicegah, terdapat beberapa cara untuk menurunkan risiko terkena kanker prostat. Salah satunya adalah memperbaiki gaya hidup agar lebih sehat.

Berikut adalah cara mencegah kanker prostat dengan menurunkan risikonya.

1. Berolahraga secara rutin

Rutin berolahraga bukan hanya menyehatkan, tetapi dapat membantu menurunkan berat badan lantaran obesitas menjadi salah satu faktor risiko terjadinya kanker prostat.

Anda dapat melakukan olahraga setiap harinya, mulailah aktivitas ini secara perlahan dan tingkatkan durasi olahraga seiring berjalannya waktu.

2. Konsumsi makanan yang sehat

Dilansir dari Mayo Clinic, Jumat (4/6/2021) Anda dapat mengonsumsi makanan yang sehat berupa sayur, buah, dan biji-bijan dalam menu diet sehari-hari.

Sebab, buah serta sayuran terbukti mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang penting bagi kesehatan Anda.

Perlu diketahui, saat ini belum ada studi yang menunjukkan kanker prostat bisa dicegah dengan diet.

Akan tetapi, makan makanan yang sehat dengan berbagai buah, sayur, maupun biji-bijian dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Selain itu, Anda juga harus mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan mineral.

Baca juga: SBY Idap Kanker Prostat, Kenali Tanda-tanda Kanker yang Menyerang Pria

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.